Terminal Tirtonadi Solo Diprediksi Dipadati 50 Ribu Pemudik

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 18 April 2022
Terminal Tirtonadi Solo Diprediksi Dipadati 50 Ribu Pemudik
Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah mulai bersolek menyambut pemudik Lebaran. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, memprediksi sebanyak 50.000 penumpang bakal memadati terminal induk. Hal ini menyusul diperbolehkannya mudik Lebaran oleh pemerintah.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto mengatakan kepadatan penumpang bus di Terminal Tipe A Tirtonadi diprediksi mencapai 40-50.000 penumpang pada puncak arus mudik Lebaran tahun ini.

Baca Juga

Ridwan Kamil Ingatkan Anak Buahnya Tidak Berbuat Curang Pakai Mobil Dinas Buat Mudik

Dengan jumlah tersebut, pihak terminal memprediksi keramaian mudik kali ini bakal seramai bahkan melebihi Lebaran 2108 lalu.

"Kami memprediksi kepadatan sirkulasi armada maupun penumpang pada Lebaran 2022 ini bakal seramai tahun 2018 lalu," ujar Joko, Senin (18/4).

Dikatakannya, prediksi keramaian itu merujuk dari adanya larangan mudik selama dua tahun Lebaran. Dengan diperbolehkannya mudik Lebaran tahun ini, warga diperkirakan akan antusias mudik.

"Mudik itu mulai sepi sejak 2019 karena waktu itu ada awal munculnya kasus COVID-19. Diperparah lonjakan kasus 2020 dan 2021 akhirnya dilarang mudik," kata dia.

Ia mengatakan untuk tahun ini situasi pandemi mulai kondusif. Atas dasar tersebut jumlah penumpang di Terminal Tipe A Tirtonadi diperkirakan seramai 2018, yakni 50.000 orang.

Baca Juga

Cara Daftar, Syarat, hingga Kota Tujuan Mudik Gratis Pemprov DKI

Berdasarkan data kepadatan dan sirkulasi penumpang maupun Armada Terminal Tirtonadi 2018 lalu, kata dia, puncak kepadatan Masa Angkutan Lebaran terjadi pada H-3 Lebaran. Pada momen itu tercatat 40-50 ribu penumpang keluar masuk terminal dalam satu hari tersebut.

"Penumpang sebesar itu setara dengan 2.000-4.000 armada dalam sehari, hitungannya selama 24 jam," kata dia.

Ia mengatakan puncak arus mudik di Solo terjadi pada H-3 Lebaran. Namun kepadatan mulai terlihat sejak H-7 Lebaran.

Disinggung soal berapa jumlah armada mudik gratis yang akan masuk Terminal Tirtonadi pada tahun ini, pihaknya masih belum bisa memberi kepastian karena masih terus dalam koordinasi dengan Kemenhub.

Meski demikian mudik gratis juga diprediksi ramai lantaran difasilitasi oleh berbagai pihak mulai dari Kemenhub, pemda terkait, hingga perusahaan milik pemerintah maupun milik swasta.

"Kita masih menunggu data dari Kemenhub. Karena sejauh pendaftaran mudik gratis masih dibuka," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Ingin Ikut Mudik Gratis BTN, Simak Syarat Daftar dan Rutenya

#Terminal Tirtonadi #Mudik #Mudik Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan