Terminal Baru Bandara Changi, Sangat Modern Terminal 4 Bandara Changi. (Foto: Changi Airport)

MODERN itu yang langsung menyergap kala memasuki Terminal 4 Bandara Changi. Setelah 3 tahun dibangun terminal ini siap beroperasi.

Yang paling menyita perhatian adalah keberadaan sistem Fast and Seamless Travel (FAST). Yakni sistem otomatis sejak penumpang datang sampai check in. Sistem ini memiliki teknologi scanning wajah sebagai otentifikasi identitas. Jadi tidak memerlukan lagi petugas pemeriksa.

Adapula 65 mesin check in dan tas atau koper otomatis. Namun masih ada petugas yang membantu penumpang yang membutuhkan pendampingan yang mengalami kesulitan dengan mesin tersebut.

Terminal baru yang dibangun dengan biaya lebih dari Rp9 triliun itu memang sangat otomatis. Check in, boarding dan memasukan koper atau tas sudah ada mesin otomatisnya. Bahkan imigrasinya pun dilakukan dengan mesin.

Tak hanya serba mesin otomatis yang mengundang decak kagum saja. Isi terminal ini pun sangat apik, seperti bukan di dalam bandara. Seperti Heritage Zone yang didesain menggambarkan situasi dan kondisi sejarah dan kebudayaan Singapura.

(Foto: Changi Airport)

Lalu bagi penggila belaja terdapat sekitar 80 toko yang menderetkan brand terkenal. Urusan makanan pun tak susah disini yang banyak menyajikan keragaman makanan.

Tak cukup? Masih ada bioskop teater dengan layar LED ukuran 10 m x 6 m. Penumpang dapat menonton film berdurasi enam menit berjudul Peranakan Love Story.

Di teminal ini akan menjadi sandaran bagi 9 airlines, yakni Air Asia Group, Cathay Pacific, Cebu Pacific, Korean Air, Spring Airlines dan Vietnam Airlines. Diprediksi terminal ini dapat menampung 16 juta penumpang setiap tahunnya. Total penumpang yang datang ke Bandara Changi sekitar 82 juta penumpang per tahun. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH