Terlihat Sehat, Makanan Ini Justru Lebih Berbahaya dari Junkfood Jus terlihat sehat namun berbahaya (Sumber: Alternative Daily)

DIET tidak seimbang membunuh lebih banyak orang saat ini daripada merokok tembakau. Para ilmuwan menemukan bahwa kekurangan nutrisi penting dapat membahayakan kesehatan. Fakta tersebut membuat orang berusaha semaksimal mungkin untuk memilih panganan sehat.

Namun ternyata, beberapa produk yang kita pikir memiliki manfaat malah merusak tubuh kita. Beberapa di antaranya bahkan lebih buruk daripada junk food.

Misalnya, jus buah segar yang terlihat sehat dibandingkan minuman bersoda sebenarnya dapat membawamu selangkah lebih dekat dengan diabetes. Berikut makanan yang kita pikir sehat padahal berbahaya.

1. Jus buah segar

Jus Buah
Jus Buah (Sumber: iStockPhoto)

Buah dianggap penting untuk nutrisi Anda dan jus segar adalah cara mudah untuk menambahkan nutrisi harianmu. Ketika berbentuk cair, buah-buahan kehilangan sebagian besar elemen sehatnya, seperti serat yang memainkan peran penting dalam pencegahan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Selain itu, konsumsi jus yang tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah kesehatan karena jumlah gula yang dikandungnya. Faktanya, beberapa dari jus olahan memiliki gula sebanyak kaleng minuman bersoda!

Untuk itu, dianjurkan untuk makan seluruh buah daripada minum jus. Satu buah sudah cukup untuk membuatmu kenyang dan memuaskan hasrat akan sesuatu yang manis.

Baca juga:

Sarapan Super Dengan 5 Makanan Ini

2. Sushi

Sushi
Sushi Fusion (Sumber: Stripes Guam)

Sushi itu sendiri tidak berbahaya. Berbagai bahan dalam sushilah yang menyebabkan masalah utama. Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sushi fusion beredar di masyarakat.

Jenis sushi ini mengandung mayones, krim keju, saus, dan produk lainnya yang menurunkan nilai gizi dan menyebabkan obesitas. Untuk menghindari masalah berat badan, pilihlah sushi klasik dan sederhana.

3. Ikan Laut

Seafood
Seafood (Sumber: Food Network)

Ikan laut adalah sumber yang kaya asam lemak Omega-3 yang sehat. Makanan ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Tetapi hati-hati. Kualitas ikan sangat tergantung pada apa yang dimakan ikan. Seperti yang kita tahu, perairan di Indonesia tercemar.

Ikan-ikan di laut mengonsumsi berbagai limbah di laut. Jika kita memakan ikan tersebut, zat kimia yang ada pada ikan akan ditransfer ke tubuh kita. Ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

4. Sereal

Cereal
Aneka ragam sereal (Sumber: Food Business News)

Sereal selalu dianggap sebagai solusi sederhana untuk sarapan sehat dan bergizi. Namun, tidak semua jenis sereal memberikan manfaat yang sama.

Selama pemrosesan, sereal kehilangan sejumlah besar serat dan nutrisi lain yang membantumu untuk tetap kenyang. Belum lagi jumlah gula yang ditambahkan ke sereal untuk membuatnya terasa lebih enak dan lebih menarik bagi anak-anak.

Peningkatan asupan gula dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Alih-alih memakan sereal, pilih oatmeal atau gandum utuh yang mengandung cukup serat untuk membuat Anda kenyang dan energik.

5. Kedelai

Kedelai
Makanan yang mengandung kedelai (Sumber: Better Nutrition)

Terlihat sehat dan kaya akan gizi, diam-diam kedelai menyimpan bahaya untuk kesehatan. Sebagian besar kedelai dimodifikasi secara genetik. Artinya, kamu hampir tidak mendapatkan nutrisi yang dijanjikan dari kedelai.

Masalah lain yang ada dalam kedelai adalah konsentrasi isoflavon yang tinggi, atau estrogen tanaman. Ini dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi.

Untuk alasan yang sama, asupan kedelai biasanya dihubungkan dengan peningkatan aktivitas hormon tiroid, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tak terduga, berkeringat, dan pembengkakan pada bagian leher. (avia)

Baca juga:

Makanan Enak Paling Rendah Kalori

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH