Kesehatan Mental
Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Gangguan Kecemasan dan Serangan Panik Perbedaan gangguan kecemasan dan serangan panik (Sumber: Pexels/samer daboul)

HIDUP begitu dinamis. Ada kebahagiaan, kegetiran, dan berbagai kondisi lain yang menyebabkan mental kacau balau. Dengan berbagai peristiwa yang terjadi dalam hidup, wajar jika semua orang pernah merasa cemas. Namun, biasanya saat satu per satu masalah terpecahkan, kecemasan mulai berkurang. Pada sebagian orang, kecemasan itu tidak hilang. Itu justru tumbuh menjadi ketakutan melebihi ambang batas.

Kian hari pengidap gangguan kecemasan kian bertambah. The Power of Positivity mengungkapkan gangguan kecemasan merupakan bentuk paling umum dari penyakit mental. Gangguan ini memengaruhi 40 juta orang dewasa di atas usia 18 (sekitar 18 persen dari populasi).

BACA JUGA:

Kecemasan menghabiskan lebih dari USD 42 miliar per tahun dalam tagihan kesehatan mental, yang menunjukkan betapa luas dan parahnya gangguan ini. Salah satu jenis gangguan yang menyertai gangguan kecemasan adalah serangan panik. Serangan-serangan ini dapat membuat penderita mengalami jantung berdetak lebih cepat, berkeringat, atau kesulitan bernapas.

kecemasan

Gangguan kecemasan menimbulkan jantung berdetak lebih cepat, berkeringat, atau kesulitan bernapas (Sumber: Pexels/cottonbro)

Dengan gejalanya yang nyaris mirip dan saling tumpang tindih, banyak orang yang sulit membedakan antara keduanya. Lalu apa perbedaan antara kecemasan dan serangan panik?

Gangguan kecemasan mempengaruhi satu dari lima orang dewasa di seluruh dunia. Kecemasan cenderung membuat pengidapnya terus-menerus khawatir tentang hal-hal dalam hidup. Mulai dari kesehatan, uang, atau keluarga. Bahkan ketika semuanya baik-baik saja, penderitanya mengalami sakit kepala, nyeri tubuh, atau rasa sakit yang aneh sebagai akibat dari semua kekhawatiran.

Ryan Arya

Gangguan kecemasan mempengaruhi gangguan fisik (Sumber: Pexels/Ryan Arya)

Sementara itu, serangan panik adalah pengalaman panik atau ketakutan berlebih yang datang tiba-tiba. Beberapa orang yang mengalami serangan panik merasa seperti terkena serangan jantung atau merasa seperti tidak bisa bernapas. Jika kamu mengalami serangan semacam ini secara tiba-tiba, amat mungkin kamu mengalami gangguan panik. Gangguan panik hanyalah salah satu bentuk gangguan kecemasan yang umum saat ini.Serangan panik tampaknya muncul begitu saja. Serangan-serangan ini menyebabkan seseorang merasa di luar kendali. Kepanikan akan memuncak dengan cepat kemudian selesai. Episode emosi yang begitu drastis membuat pengidapnya merasa terkuras secara emosional. Serangan panik dapat dipicu oleh situasi atau hal tertentu yang ditakuti. Selama serangan panik, pengidapnya mungkin merasakan efek samping fisik seperti detak jantung cepat, sulit bernafas, berkeringat, gemetar, tersedak, munculnya perasaan malapetaka, atau merasa di luar kendali

Orang-orang dengan gangguan kepanikan cenderung khawatir tentang kapan episode berikutnya akan terjadi. Antisipasi ini justru meningkatkan kecemasan dan mereka akan mencoba mencegah serangan dengan menghindari situasi yang dapat memicu serangan lain. Kesadaran ini bisa sulit, terutama jika penderitanya tidak tahu apa yang menyebabkan serangan itu. Jika Anda tahu apa yang memicu serangan panik Anda, itu bisa membantu kecuali dalam situasi yang harus Anda hadapi, seperti pekerjaan, sekolah, atau di rumah.Gangguan panik sering terjadi dalam keluarga. Tetapi tidak semua anggota keluarga menderita karenanya. Studi menunjukkan bahwa biologi unik mungkin berperan dalam serangan panik. Jika kamu merasa mengalami serangan panik, kunjungi doktermu untuk memastikan dirimu tidak memiliki kondisi fisik yang luar biasa yang menyebabkan serangan panik.(avia)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Langganan Xbox Game Pass Ultimate Gratis Nonton Serial Halo Live-Action
Fun
Langganan Xbox Game Pass Ultimate Gratis Nonton Serial Halo Live-Action

Kamu berkesempatan kesempatan untuk menonton Halo Live-Action.

Menkominfo Ajak Masyarakat Terlibat Memperkenalkan 5G
Fun
Menkominfo Ajak Masyarakat Terlibat Memperkenalkan 5G

5G sangat penting dalam kehidupan masyarakat modern.

Sastra Siber, Bentuk Baru Kesastraan?
Fun
Sastra Siber, Bentuk Baru Kesastraan?

Sastra Siber bisa dartikan sebagai sastra yang mencakup sejumlah genre karya, kemudian disampaikan daring.

Aplikasi Netflix Hadirkan Game 'Stranger Things'
ShowBiz
Aplikasi Netflix Hadirkan Game 'Stranger Things'

Game ini juga dapat diunduh diunduh lewat Apple App Store, Google Play, desktop, hingga konsol.

Studi: Pemilik Hewan Peliharaan Punya Ingatan Lebih Baik
Fun
Studi: Pemilik Hewan Peliharaan Punya Ingatan Lebih Baik

Memiliki hewan peliharaan punya manfaat untuk ingatan dan pikiran.

Begini Cara Mengakali Masakan yang Terlalu Pedas
Fun
Begini Cara Mengakali Masakan yang Terlalu Pedas

Masakan terlalu pedas? Tambahkan bahan-bahan ini untuk mengatasinya.

'Siti', Film Feminisme Negeri Aing
Fun
'Siti', Film Feminisme Negeri Aing

'Siti' meraih banyak penghargaan film.

Perempuan Harus Berani Bersuara
Fun
Perempuan Harus Berani Bersuara

Perempuan harus berani melawan kekerasan.

Perempuan Tak Perlu Takut Lagi Hiperpigmentasi
Fun
Perempuan Tak Perlu Takut Lagi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi ditandai dengan kemunculan noda hitam akibat sinar UV.

Seminggu Tayang, ‘No Time to Die’ Raih Rp 1,6 Triliun
ShowBiz
Seminggu Tayang, ‘No Time to Die’ Raih Rp 1,6 Triliun

No Time to Die membuahkan hasil meski harus menunggu 18 bulan.