Terlihat Kaku di Publik, Puan Posisi Terbawah Survei Capres

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 07 Maret 2022
Terlihat Kaku di Publik, Puan Posisi Terbawah Survei Capres
Ketua DPR Puan Maharani (tengah). (Foto: MP/Dicki Prasetia)

MerahPutih.com - Survei kolaborasi Politica Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis survei pendapat key opinion leader (KOL) terhadap kandidat calon presiden (capres) 2024.

Hasilnya, Ketua DPR RI Puan Maharani jadi "juru kunci" alias posisi terbawah di semua kriteria capres.

Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno menyebut, citra Puan di mata masyarakat yang masih terlihat kaku ketimbang kandidat lainnya.

Baca Juga:

Survei Penilaian Capres 2024, Ganjar Tertinggi dan Puan Terendah

"Kalaupun dia berkomentar selalu kapasitasnya sebagai pimpinan DPR, tidak out of the box," kata Adi Prayitno dalam acara rilis survei bertajuk "Persepsi Key Opinion Leader (KOL) Terhadap Capres 2024" di Jakarta Pusat, Minggu (6/3).

Ini berbeda dengan tokoh-tokoh yang menampilkan satu personality quality yang out of the box dan yang tidak melulu kaitannya dengan posisinya sebagai pejabat publik di negara ini.

Adi menjelaskan perbandingan antara Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Adi melihat ketiganya seperti mampu menampilkan kepribadian lain saat bersama masyarakat, tak melulu sebagai pejabat publik.

"Kalau melihat Sandi misalnya, kan sering main basket, atau Ganjar sepedaan dengan masyarakat, atau Anies misalnya makan bubur dengan Ridwan Kamil. Itu adalah sesuatu yang sebenarnya out of the box dari sisi personality, juga memengaruhi key opinion leader dalam memberikan pendapat," papar Adi.

Adi menilai, Puan sudah melakukan kerja-kerja politik untuk menyambut Pilpres 2024.

Hanya saja, menurut dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu, publik seperti belum bisa menangkap gagasan-gagasan elite PDI Perjuangan (PDIP) itu.

"Jadi publik tidak terlampau menangkap sebenarnya apa yang disampaikan, apa yang dikerjakan, termasuk gagasan-gagasan besar oleh Puan Maharani sebagai Ketua DPR," papar Adi.

Baca Juga:

Kunjungi Pasar Tambahrejo, Puan Maharani Borong Nogosari dan Ikut Jualan Tempe

Sementara itu, khusus soal pesona, Sandiaga Uno dianggap sebagai capres paling mempesona atau charming.

“Sandiaga Uno mendapatkan angka sangat tinggi 7,92, relatif unggul dari yang lainnya,” tutur Adi.

Adi mengatakan untuk aspek penampilan Sandi paling unggul disusul Ganjar Pranowo 7,76; Anies Baswedan 7,66; Ridwan Kamil 7,63; Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 7,57; dan Andika Perkasa 7,48. Sementara Erick Thohir 7,25; Prabowo Subianto 6,98; Muhaimin Iskandar 6,96; Airlangga Hartarto 6,46; dan Puan Maharani 6,19.

“Untuk aspek berkharisma dan berwibawa, Ganjar 7,75; Anies 7,55; Andika; dan RK 7,43. Jadi, wibawa, kharisma, dan penampilan jadi aspek penting seorang capres,” kata dosen UIN Jakarta itu.

Namun, Adi menjelaskan, nilai keseluruhan untuk aspek penampilan ini masih menempatkan Ganjar lebih unggul dengan nilai 7,75; disusul Sandiaga 7,65; Anies 7,60; dan RK 7,53.

Survei ini digelar pada 5 Januari-5 Februari 2022 terhadap 207 tokoh yang diambil secara proporsional dari 34 provinsi yang berasal dari perguruan tinggi, media massa, dunia usaha, ormas keagamaan, institusi budaya, dan LSM (lembaga swadaya masyarakat).

Serta memenuhi syarat tidak terafiliasi parpol, berpendidikan minimal S1, dan memiliki pengaruh dalam pembentukan opini publik.

Dengan menggunakan skala likert 1-10 sebagai alat ukur penilaian 11 aspek:

1. 1,199=sangat buruk;

2. 2-3,99=buruk;

3. 4-5,99=cukup;

4. 6-7,99=baik;

5. 8-10=sangat baik. (Knu)

Baca Juga:

Usul Mabes TNI-Polri Apit Istana IKN, Puan: Dipanggil Presiden, 10 Menit Harus Datang

#Puan Maharani #Pilpres #Capres 2024
Bagikan
Bagikan