Terlihat Bersih, Tempat ini Bisa Jadi Lokasi Penularan Virus Corona Meski terlihat bersih, beberapa tempat bisa jadi tempat kuman dan virus. (foto: Unsplash/the creative exchange)

KEBERSIHAN ialah pangkal kesehatan. Ungkapan itu benar adanya. Apalagi di masa pandemi ini. Kuman dan bakteri yang berkembang di sekitar bisa jadi sumber penyakit. Memang sih, kita tak bisa menghindari kuman dan bekateri. Di tempat yang kamu anggap bersih sekalipun, makhluk super kecil itu bisa hidup.

Tak hanya di rumah, tempat umum merupakan lokasi yang potensial jadi sarang bakteri dan kuman. Itulah mengapa bepergian ke tempat orang-orang berkumpul amat tak disarankan di masa pandemi ini. Hal itu dapat meningkatkan risiko kamu terinfeksi virus corona.

BACA JUGA: Kedelai Bisa Jadi Musuh untuk Tubuh

Menurut Philip Tierno, PhD, Direktur Langone Medical Center University of New York, seperti dilansir Hellosehat, kuman dan virus hidup di mana-mana. Selain itu, keduanya juga bahkan dapat bertahan hidup pada barang-barang tertentu, seperti troli, pegangan eskalator, dan gagang pintu.

Oleh karena itu, saat masa pandemi ini, penting bagi kamu untuk selalu menjaga diri dari infeksi kuman dan bakteri di tempat umum yang kamu sangka bersih sekalipun.

BACA JUGA:

Cara Agar Wajahmu Tetap Glowing Meski Pandemi


1. Restoran

restoran
Penyebaran kuman terjadi dari tangan pekerja ke makananmu. (foto: pixabay/glynn424)


Meski merupakan tempat menyajikan dan menikmati makanan, restoran bisa jadi salah satu tempat yang teramat kotor. CDC menyebut restoran merupakan salah satu tempat umum yang paling cepat menyebarkan dan menciptakan sarang kuman. Penyebaran kuman dari tangan pekerja restoran ke makanan kamu merupakan penyebab utama makanan bisa terkontaminasi dan menimbulkan berbagai penyakit.

Itulah mengapa sangat dianjurkan bagi para staf restoran untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu ketika hendak menyentuh makanan. Selain mencuci tangan, pekerja restoran dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan untuk meminimalisasi perpindahan kuman.


2. Kantor

adult
Keyboard dan gagang telepon bisa jadi sarang kuman.(foto: pixabay/rawpixel)

Tak menyangka kantormu yang resik bisa jadi sarang kuman kan? Ketidakwaspadaan terhadap kemungkinan penyebaran virus dan kuman di kantor menyebabkan terjadinya banyak klaster COVID-19 di sejumlah perkantoran belakangan ini.

Ternyata banyaknya orang lalu-lalang jadi salah satu penyebab kantor jadi sarang kuman. Tak ada yang tahu bagaimana kebersihan setiap orang yang lalu lalang di kantor. Bisa saja salah satu dari mereka membawa bakteri.

Jika kamu termasuk yang lebih banyak menghabiskan waktu di kantor ketimbang di rumah, kamu bisa saja terjangkit bakteri di gagang telepon, tombol lift yang sangat sering disentuh oleh ratusan orang dari mana saja setiap harinya, hingga papan ketik komputer yang mungkin dipakai banyak orang.


3. Hotel

hotel
Ancamannya dari kutu busuk hingga kuman di remote TV. (foto: pixabay/davidlee770924)

Pariwisata memang baru mulai dibuka di masa pandemi ini. Namun, bukan berarti semuanya aman dan bebas virus corona. Kamar hotel berpotensi jadi tempat penularan virus corona.

Saat traveling di masa pandemi, kamu pasti akan memilih hotel dengan kamar yang terlihat bersih. Kasur, kamar mandi, hingga sofa sudah pasti akan kamu cek kebersihannya. Namun, sebaik-baiknya kamu mengecek, kamar hotel yang notabene sudah dipakai banyak orang berpotensi menyimpan kuman dan bakteri.

Sebagian besar sih disebabkan kutu kasur atau kutu busuk. Kutu kasur memang tidak mendatangkan penyakit, tetapi jenis kuman yang satu ini dapat menimbulkan alergi dan gatal pada kulitmu.

Selain itu, sarang kuman yang cukup tinggi pada tempat menginap ini ditemukan pada remote TV, saklar lampu, hingga spons dan kain pel yang dibawa staf pembersih kamar.(*)

BACA JUGA:

Coca Cola Hadirkan Rasa Kopi di Produknya


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH