Gangguan Kecemasan? Ini Cara Mengatasinya! Ilustrasi. (Flickr)

Apakah kamu terlalu banyak khawatir tentang ini dan itu? Misalnya terus-menerus khawatir tentang keuangan, pekerjaan atau hubungan percintaan? Bisa jadi, kamu sedang mengalami anxietas atau ansietas, yaitu penyakit gangguan kecemasan.

Penyakit semacam ini, membuat hidup tidak nyaman memang. Namun, ada cara yang mudah untuk bisa mengatasi hal ini. Berikut cara menghentikannya seperti dilansir health.com.

Kamu memang tidak bisa sepenuhnya berhenti khawatir, karena itu normal. Sekarang, mari kita definisikan "segala hal" itu, yang selalu kamu khawatirkan seperti tentang deadline, keuangan, hubungan percintaan, orang tua, atau bahkan keadaan dunia. Begitu banyak hal yang menggangu pekerjaan dan kehidupan keluarga kamu.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kecemasan. Salah satunya olahraga. Itu sangat membantu. Bukan hanya berjalan-jalan santai, tapi di antaranya dengan melakukan 30 menit olahraga empat atau lima kali seminggu secara rutin. Hal itu telah terbukti mengurangi kecemasan. Olahraga rutin bisa menjadi investasi yang bagus untuk kesehatan mental kamu.

Selain itu, sisihkan waktu untuk kekhawatiran kamu, 15 menit sehari, untuk menuliskan apa-apa yang membuat kamu sulit tidur itu. Dengan cara itu, ketika kamu sewaktu-waktu merasa resah, kamu dapat mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu sudah menjadwalkannya, "jangan khawatir sekarang."

Berkatalah pada diri sendiri, "sudahkah saya melakukan pemecahan terhadap masalah-masalah ini?" Jika jawabannya ya, lalu katakanlah, "ini hanya rasa cemas," dan berhenti menanggapi rasa khawatir. Selalulah mengidentifikasi kekhawatiran itu, kendalikan, bukan rasa khwatir yang justru mengendalikan kamu.

Jika dengan cara berbicara pada diri sendiri tak berhasil, cobalah untuk rileksasi seperti mandi air hangat. Disarankan juga untuk menyelami kesadaran dengan meditasi. Praktek meditasi terbukti dapat mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati dengan mengenali pikiran yang tidak produktif. Kamu juga bisa belajar sendiri dengan men-donwload aplikasi atau tutorial di internet, atau belajar kelompok dan dipandu instruktur. Kesadaran adalah alat yang menakjubkan untuk mengelola kehawatrian kamu alam jangka panjang.

Artikel lain tentang cara mengatasi stres bisa dibacai di 3 Cara Ampuh Hilangkan Stres


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH