Terkenal Tahun 70-an, Apakah Kamu Tahu Legenda Musik Sir Elton John? Biografi Elton John (Foto: Fox News)

SIR Elton John merupakan salah satu legenda musik paling bertalenta sepanjang masa. Telah meniti karir di dunia entertaimen selama hampir lima dekade, tentunya kehidupan dan karir Elton tidak selalu mulus dan mudah. Sehubungan dengan perilisan Rocketman pada 31 Mei 2019, yuk intip beberapa informasi tentang musisi legendaris Elton John yang sangat terkenal di era 70an!

Baca juga:

Rocketman, Film Pertaruhan Taron Egerton

1. Bagaimana Elton mulai berkarya di musik?

Terkenal Tahun 70-an, Apakah Kamu Tahu Legenda Musik Sir Elton John?
Elton telah merilis 30 album selama hidupnya. (Foto: JamBase)

Musisi berusia 72 tahun ini lahir dengan nama Reginald Kenneth Dwight di London, Inggris.Bakat Elton John dalam bermusik telah dikenali sejak dini, terutama pada instrumen musik piano.

Ia mulai les piano pada usia tujuh tahun dan berhasil mendapatkan beasiswa di tempat bergengsi pada usia 11 tahun, yaitu Royal Academy of Music yang merupakan tempat Annie Lenox dan Katherine Jenkins belajar.

Ketika berusia 15 tahun, dia mulai bermain piano di pub sebelum membentuk band dengan kawan-kawannya, Bluesology. Pada tahun 1967, dia berhasil melihat Liberty Records yang sedang mencari artis dan komposer lewar majalah NME.

Saat melakukan pertemuan dengan para bos, Elton diberikan amplop yang berisikan lirik karya Bernie Taupin yang juga merupakan peserta yang tertarik karena iklan tersebut, kemudian meminta Elton untuk membuat nada untuk lirik tersebut. Di sinilah dimana Elton John dan Bernie bertemu dan memulai kerjasama dalam bermusik selama berpuluh-puluh tahun.

2. Kesuksesan Elton John

Terkenal Tahun 70-an, Apakah Kamu Tahu Legenda Musik Sir Elton John?
Elton pertama kali bermusik sejak umur 7 tahun. (Foto: CNN.com)

Elton telah merilis 30 album solo selama karirnya, 26 diantaranya disertifikasi sebagai album emas, 38 platinum dan satu album diamond. Elton John juga berhasil menjual lebih dari 300 juta rekaman di seluruh dunia dan meraih rekor penjualan single terlaris sepanjang masa, yaitu Candle in The Wind dan Something About the Way You Look Tonight.

Karyanya di bidang musik juga telah disertai berbagai penghargaan bergengsi seperti Academy Award, BRIT Awards, Grammy Awards serta Tony Award.

Elton juga pernah bekerjasama dengan Disney untuk membuat dan menampilkan soundtrack film Lion King, yaitu Hakuna Matata, Circle of Life, dan Can You Feel The Love Tonight.

3. Kehidupan pribadi Elton John

Terkenal Tahun 70-an, Apakah Kamu Tahu Legenda Musik Sir Elton John?
Elton dan David dan kedua anaknya. (Foto: Page Six)

Kehidupan percintaan Elton cukup rumit. Pada akhir tahun 60-an, Elton bertunangan dengan sekretarisnya yang bernama Linda Woodrow. Mesikupun begitu, itu tidak berjalan lancar dan akhirnya menikahi seorang recording engineer bernama Renate Blauel pada tahun 1984.

Baca juga:

Film Rocketman, Merangkum Perjalanan Spektakuler Sir Elton John dalam Berkarya

Hanya bertahan selama empat tahun, akhirnya Elton mengumumkan kepada publik bahwa ia memiliki ketertarikan seksual terhadap laki-laki pada tahun 1992, dan sebelumnya Elton terlebih dahulu menyatakan bahwa dia biseksual.

Satu tahun kemudian, Elton memulai hubungan dengan David Furnish dan menikahinya pada tahun 2014. Saat ini, mereka telah dikaruniai dua anak, Zachary yang berusia delapan tahun dan Elijah yang berusia enam tahun. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH