Terkecil di Dunia, Siapa yang Bisa Muat ke Restoran Cepat Saji Ini? Restoran Cepat Saji Terkecil di Dunia Ini dibuat untuk lebah. (Foto: hypebeast.com)

RESTORAN cepat saji McDonalds baru saja resmi dibuka di Swedia. Namun setelah melihat ukuran restoran ini, nampaknya restoran ini terlalu kecil ukurannya jika pangsa pasarnya ditargetkan untuk manusia. Lantas, untuk apa restoran mini ini sebenarnya dibuat?

1. McHive, Restoran kecil yang dibuat untuk lebah!

Terkecil di Dunia, Siapa yang Bisa Muat ke Restoran Cepat Saji Ini?
McHive dibuat dengan sangat detail. (Foto: BoredPanda)

Salah satu perusahaan makanan cepat saji terbesar di dunia, McDonalds, telah membuat restoran cepat saji terkecil di dunia dengan tujuan yang cukup mulia. Dibuatnya restoran ini merupakan praktik dari McDonalds Swedia untuk mendukung kegiatan ramah lingkungan, terutama mengenai fenomena jumlah lebah yang semakin menurun seiring dengan perkembangan kehidupan perkotaan.

Menurunnya populasi lebah ini diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk penggunaan pestisida berlebihan, polusi, serta kurangnya bunga liar untuk diserbuki para lebah.

Merespon fenomena ini, McDonald's Swedia akhirnya bekerjasama dengan desainer dari agensi kreatif untuk membuat kotak sarang lebah dengan eksterior yang sangat menyerupai restoran McDonald's. Awalnya, McDonald's Swedia membuat beberapa sarang lebah pada atap beberapa restorannya sehubungan dengan fenomena penurunan populasi lebah ini.

Gerakan ini juga telah didukung oleh sebagian besar perusahaan-perusahaan lain di Swedia, dengan upaya mengganti lahan kosong disekitar bangunan dengan rerumputan dan berbagai bunga supaya para lebah bisa kembali datang.

2. Didesain oleh agensi kreatif NORD DDB

Terkecil di Dunia, Siapa yang Bisa Muat ke Restoran Cepat Saji Ini?
Miniatur ini didesain oleh perusahaan agensi kreatif NORD DDB (Foto: hypebeast.com)

Seperti pembuatan maket, proses perakitan McHive ini didesain secara rinci oleh perusahaan agensi kreatif NORD DDB sehingga sangat menyerupai restoran McDonalds pada umumnya.

Eksterior McHive ini menyediakan fitur drive-thru, pintu masuk, tempat duduk serta meja makan, dan tidak lupa stiker promo serta tulisan "McDonald's" diatas pintu masuk.

Dengan harapan untuk menarik ribuan lebah, bagian interior bangunan kecil ini dibuat sesuai dengan kotak sarang lebah konvensional.

3. McHive telah terjual di pelelangan

Terkecil di Dunia, Siapa yang Bisa Muat ke Restoran Cepat Saji Ini?
McHive ini telah terjual di pelelangan. (Foto: hypebeast.com)

Diorama ramah lingkungan ini dibuat untuk dijual, dan restoran terkecil di dunia ini telah terjual pada 21 Mei 2019. Dana yang didapatkan akan disumbangkan ke badan amal milik McDonald's sendiri, Ronald McDonald House Charities. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH