Koleksi Busana yang Terinspirasi Michael Jackson Ditarik Louis Vuitton

ALMARHUM Michael Jackson tengah menghadapi tuduhan pelanggaran seksual. Sebagai akibatnya, lagu-lagu sang 'King of Pop' ditarik dan tak lagi diputar. Bahkan, beberapa hal yang terkait dengan anggota Jackson 5 itu turut kena imbasnya. Yang terbaru, Louis Vuitton memutuskan menarik seluruh koleksi yang terinspirasi MJ.


1. Tuduhan Pelecehan Seksual dalam Film Leaving Neverland

leaving neverland
Film Leaving Neverland menampilkan kesaksian dua korban pelecehan seksual yang dilakukan MJ. (foto: IMDb)


Tindakan pelecehan seksual oleh Jackson mencuat setelah film Leaving Neverland tayang. Film dokumenter yang disutradarai dan diproduseri Dan Reed itu menampilkan kisah dua pria, Wade Robson dan James Safechuck. Keduanya mengaku telah dilecehkan secara seksual saat masih kecil oleh Jackson. Enggak hanya menampilkan kesaksian Robson dan Safechuck, film produksi tahun 2019 itu juga mendalami dampak pelecehan seksual itu terhadap keluarga mereka.

Leaving Neverland pertama kali diputar di Festival Film Sundance pada 25 Januari lalu. Film hasil kerja sama Channel 4 dari Britania Raya dan HBO dari Amerika Serikat itu disiarkan dalam dua bagian pada awal Maret lalu di HBO.


2. Memantik Kemarahan Publik

leaving neverland
Michael Jackson berfoto bersama Jimmy Safechuck di Neverland. (foto: IMDb)


Setelah pemutaran itu, publik langsung bereaksi. Banyak yang mengecam sang Raja Musik Pop itu. Buntutnya, berbagai hal yang terkait dengan Jackson mendapat penolakan. Dimulai dari pencabutan lagu-lagu Jackson dari daftar putar hingga penolakan kepada beberapa brand yang menampilkan Jackson.

Yang terbaru, brand Louis Vuitton memutuskan menarik semua koleksi busana mereka yang terinspirasi Jackson.

Pada Januari lalu, direktur artistik Louis Vuitton, Virgil Abloh, merilis koleksi musim gugur yang terinspirasi dari pelantun Thriller itu. Koleksi itu berupa sarung tangan, sepatu kulit hitam, dan t-shirt dengan gambar pose kaki sedang menari.

Seminggu setelah peragaan busana digelar, film itu tayang perdana di Sundance Film Festival. Tak pelak, Louis Vuitton langsung mendapat serangan dari masyarakat karena koleksi terbarunya. Akhirnya, Abloh mengeluarkan sebuah pernyataan yang menegaskan posisinya.

"Saya sadar, sehubungan dengan film dokumenter ini, pertunjukan tersebut telah menimbulkan reaksi emosional. Saya benar-benar mengutuk segala bentuk pelecehan anak, kekerasan atau pelanggaran terhadap hak asasi manusia," kata Abloh seperti dilansir Aceshowbiz.

Abloh pun menjelaskan ikhwal ia membuat koleksi terinspirasi MJ tersebut. "Niat saya membuat peragaan busana ini, merujuk kepada Michael Jackson sebagai seniman budaya pop. Inspirasi ini hanya merujuk pada kehidupan publiknya yang kita semua tahu dan warisannya yang telah memengaruhi seluruh generasi seniman dan desainer," jelasnya.


3. Koleksi LV yang Terinspirasi MJ Langsung Ditarik

Louis Vuitton  michael Jackson collection
Salah satu item dalam koleksi LV yang terinspirasi Michael Jackson. (foto: fashionunited.india)


Sebagai tindak lanjut dari pernyataan Ablo tersebut. Louis Vuitton berencana menarik busana yang mengandung unsur Michael Jackson, yang dari diproduksi hingga yang ada di toko.

Michael Burke, pemimpin dan kepala eksekutif Louis Vuitton, lewat pernyataan resminya menyatakan tuduhan dalam film dokumenter itu amat bermasalah dan mengganggu. "Keselamatan dan kesejahteraan anak-anak merupakan hal yang paling penting bagi Louis Vuitton. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung kasus ini," ujar Burke.(*)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH