Terkait Kolom Kudeta, Turki Tahan Seorang Redaktur Surat Kabar Seorang tentara yang dituduh mencoba membunuh Presiden Turki Tayyip Erdogan pada malam kudeta, 15 Juli 2016, dibawa oleh polisi, Jumat (14/7). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kenan Gurbuz)

MerahPutih.com - Pihak berwenang Turki menahan seorang redaktur surat kabar daerah mengenai kolom tulisannya yang mengkritik pemerintah karena melebih-lebihkan pentingnya usaha kudeta pada tahun lalu.

Yeliz Koray, redaktur surat kabar Kocaeli Koz di provinsi barat laut Izmit ditangkap di rumahnya pada Sabtu (16/7) malam. Demikian laporan dari surat kabar tersebut.

Koray mengatakan di Twitter pada Minggu bahwa ia dibebaskan dengan syarat pengawasan pengadilan. Itu berarti ia perlu secara teratur melapor ke pihak berwenang.

Dalam kolom berjudul "Saya Akan Makan Epik Anda", Koray mengkritik pemerintah atas terlalu melebih-lebihkan peristiwa 15 Juli tahun lalu tersebut. Ia mengatakan bahwa hal itu tidak sepenting Perang Dunia I dan pertempuran besar dalam sejarah Turki.

Kolom tersebut juga mengatakan bahwa pemerintah tidak melakukan hal yang cukup untuk mengungkapkan apa yang terjadi pada malam hari, ketika tentara yang membelot mengomandoi tank dan pesawat untuk menggulingkan Erdogan. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE