Terkait 'Dibohongi Pakai Al Maidah', Ahli Bahasa: Orang Bisa Pakai Apa Saja Buat Membohongi

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 21 Maret 2017
Terkait 'Dibohongi Pakai Al Maidah', Ahli Bahasa: Orang Bisa Pakai Apa Saja Buat Membohongi
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sidang ke-15 kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kembali digelar. Kali ini sidang mendengarkan keterangan saksi ahli dari kuasa hukum terdakwa.

Dalam sidang lanjutan itu, kuasa hukum Ahok menghadirkan tiga saksi ahli meringankan. Ketiga saksi yang akan hadir yakni ahli agama Islam yang merupakan Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jakarta dan sebagai dosen Fakultas Syariah IAIN Raden Intan, Lampung Ahmad Ishomuddin.

Selanjutnya, ahli bahasa yang merupakan Guru Besar Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Rahayu Surtiati Hidayat dan yang terakhir ahli hukum pidana yang merupakan dosen Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan, Bandung C. Djisman Samosir.

Rahayu Sutiarti, ahli bahasa dari Universitas Indonesia (UI) menjadi saksi pertama yang didengarkan keterangannya.

Berdasarkan video pidato Ahok di Kepulauan Seribu, saksi menjelaskan surat Al Maidah merupakan bagian dalam Al Quran yang tidak mungkin berbohong dan menyebar kebohongan. Tapi, orang bisa berbohong dengan menggunakan surat Al Maidah.

"Saya bukan ahli agama Islam, tapi menurut saya surat Al Maidah merupakan surat Al Quran yang tidak mungkin berbohong. Tapi, semua orang bisa menggunakan apa saja untuk berbohong," ujar Rahayu di sidang ke-15 perkara penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian Jakarta Selatan, Selasa (21/3).

Di dalam pidato tersebut, Ahok tidak menjelaskan siapa yang berbohong menggunakan surat Al Maidah, karena secara lisan dan dengan dialek Betawi.

"Ahok menggunakan bahasa Indonesia dengan dialek Betawi sehingga ada subyek atau obyek yang tidak disebutkan karena memakai ucapan lisan," imbuhnya.

#Sidang Ahok # Penistaan Agama #Al Maidah 51
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan