Terjadi Lonjakan Penambahan Pasien COVID-19 di RS Wisma Atlet Dua orang tenaga kesehatan memeriksa mobil ambulans yang akan masuk ke RSD Wisma Atlet Kemayoran. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.

MerahPutih.com - Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, mencatat adanya penambahan seribu pasien terkonfirmasi positif corona baru dalam 24 jam terakhir.

Penambahan itu berdasarkan data terbaru yang dirilis Komando Gabungan Wilayah I (Kogabwilhan I) pada pukul 08.00 WIB, Kamis (17/9).

Penambahan ini membuat rumah sakit dadakan tersebut mencatat rekor penerimaan pasien terkonfirmasi positif.

Baca Juga:

Pangdam Pastikan Wisma Atlet Siapkan Ribuan Kamar untuk Pasien OTG di Jakarta

"(Pasien terkonfirmasi positif COVID-19) bertambah 1.066 orang," ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (17/9).

Secara kumulatif, penambahan 1.066 pasien ini membuat RSD Wisma Atlet kini merawat 2.757 pasien terkonfirmasi positif.

Dengan demikian, pasien yang menjalani rawat inap di RSD Wisma Atlet seluruhnya adalah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang terdiri dari 1.334 pria dan 1.423 wanita.

Berdasarkan data rekapitulasi sejak 23 Maret hingga 17 September 2020, sebanyak 16.626 pasien terdaftar dan 13.754 orang sudah keluar.

Secara rinci, sebanyak 283 pasien mendapat rujukan ke rumah sakit lain. Kemudian 13.417 orang dinyatakan sembuh dan 6 orang meninggal dunia.

Dokumetasi tenaga medis beraktivitas di halaman Menara 5 RS Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, di Jakarta, Jumat (11/9). Foto: ANTARA FOTO/Ariella Annasya
Dokumetasi tenaga medis beraktivitas di halaman Menara 5 RS Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, di Jakarta, Jumat (11/9). Foto: ANTARA FOTO/Ariella Annasya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet masih memiliki kapasitas yang cukup untuk perawatan pasien terjangkit virus corona.

Ia juga menegaskan bahwa pemerintah terus berupaya memperbanyak fasilitas isolasi di daerah-daerah lainnya.

Selain di RSD COVID-19, Kogabwilhan I juga melaporkan perkembangan pasien di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Di rumah sakit dadakan tersebut terdapat 182 pasien terkonfirmasi positif. Kemudian pasien berstatus suspek sebanyak 94 orang.

Secara keseluruhan, terdapat 276 orang yang menjalani rawat inap yang terdiri dari 170 pria dan 106 wanita.

Baca Juga:

Antrean Ambulans di RS Darurat Wisma Atlet karena Mengantar Pasien OTG

Sebelumnya, beredar tayangan video mobil ambulans antre untuk memasuki RS Wisma Atlet. Mobil ambulans itu mengantre untuk mengantarkan pasien COVID-19 dengan gejala ringan-sedang yang akan menjalani perawatan di RS Wisma Atlet.

Sebuah foto yang menggambarkan seluruh lampu kamar di RS Wisma Atlet menyala juga beredar luas di media sosial. Sejumlah hal itu kemudian mengarah pada penuhnya unit di RSD Wisma Atlet. Tapi, pihak RS Wisma Atlet memastikan bahwa hal itu adalah kondisi yang normal. (Knu)

Baca Juga:

Ini Penyebab Antrian Ambulance Saat Masuk RSD Wisma Atlet yang Viral di Medsos


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH