Terinspirasi Setya Novanto, Katura Membuat Batik Antikorupsi Maestro batik Cirebon Katura AR di depan karyanya batik antikorupsi, Cirebon, Kamis (4/1). (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Ketua DPR non-aktif Setya Novanto yang kini menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi e-KTP menarik perhatian maestro batik Cirebon, Katura AR. Novanto yang sempat menghilang hingga tiba-tiba mobil yang ditumpanginya menabrak tiang listrik dituangkan dalam lukisan batik Cirebon.

"Idenya saat saya nonton berita di televisi. Waktu itu, ada koruptor ya g sedang dicari-cari oleh KPK, kemudian tiba-tiba ada berita menabrak tiang listrik," kata Katura, di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (4/1).

Pada kain batik tersebut dilukiskan tikus besar berdasi menabrak tiang listrik. Tikus besar ini dicengkeram burung Garuda.

"Burung Garuda itu melambangkan Indonesia, yang juga mewakili kerja KPK sedangkan tikus berdasi itu melambangkan koruptor," jelasnya.

Uniknya, Katura hanya butuh satu hari untuk melukis batik ini. Namun, proses pengerjaan memakan waktu satu minggu. Saat itu muncul ide membuat batik bertema khusus setelah menonton berita penangkapan Setya Novanto di televisi.

Rencananya batik ini akan diserahkan kepada Presiden Jokowi dan KPK. Namun, menurutnya khawatir menjadi gratifikasi, tetapi jika ingin dibeli silakan saja.

"Niatnya karya batik ini mau diberikan kepada Pak Jokowi. Tapi, takut seperti yang sebelumnya, kena gratifikasi. Jadi, lihat saja nanti bagaimana ke depannya," ujarnya.

Ia berharap Indonesia bisa bebas dari korupsi suatu saat nanti.

"Saya berharap dengan dibuatnya lukisan batik ini, Indonesia akan tumbuh subur dan makmur, tidak ada lagi koruptor di Indonesia," ujarnya. (*)

Berita ini merupakan laporan Mauritz, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lain terkait korupsi: Mantan Penasehat KPK Sebut Korupsi Bisnis Menjanjikan


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH