Terinspirasi dari Makanan Indonesia, Sejauh Mata Memandang Rilis Koleksi 'Kudapan'

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 15 Maret 2023
Terinspirasi dari Makanan Indonesia, Sejauh Mata Memandang Rilis Koleksi 'Kudapan'
Sejumlah artis Tanah Air turut hadir dalam trunk show. (SMM)

WARNA-warna busana nan cerah menghiasi area Main Atrium Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Pakaian tersebut terdiri dari rona pastel. Di permukaan kainnya, terdapat aksen butir dan garis putih solid.

Busana itu merupakan koleksi terbaru dari Sejauh Mata Memandang (SMM) yang diberi nama Kudapan. Jenama fesyen asal Tanah Air ini menghadirkan koleksi Kudapan dalam acara trunk show bertajuk Rumah Kita. Pergelaran busana itu diadakan di Lantai 1 East Mall Grand Indonesia pada Senin (13/3).

Baca Juga:

5 Negara Usulkan Kebaya Masuk dalam Warisan Budaya Takbenda UNESCO

jenama
Koleksi ini terbuat dari kain tencel yang adem dan ringan. (SMM)

Dalam koleksi kali ini, SMM kembali menyajikan pakaian yang berbahan dasar wastra atau kain tradisional Nusantara. Jenama lokal ini mengkreasikan kain tersebut menjadi sebuah busana siap pakai. Misalnya atasan yang berbentuk kebaya panjang, kebaya pendek, baju panjang, dan outer. Ada pula bawahan yang berbentuk rok lilit dan sarung.

Selain itu, SMM juga menghadirkan busana berbahan kain tenun putih. Kain buatan tangan ini diproduksi di Kecamatan Kedungwuni, Pekalongan dan bekerja sama dengan UMKM di sana. Pakaian tersebut memiliki motif maskot ayam yang samar-samar, motif khas dari jenama SMM.

Seperti namanya, item-item busana Kudapan terinspirasi dari makanan manis khas Indonesia. Sebut saja onde-onde dan kue lapis. Pemilihan dua jenis kue asal Tanah Air ini bukanlah tanpa alasan. Onde-onde dianggap sebagai makanan yang melambangkan keberuntungan serta harapan. Sementara kue lapis melambangkan harmoni dan kesatuan.

"Kita semua mengenal kudapan-kudapan manis ini sebagai bagian tak terpisahkan. Melalui desain yang kami hadirkan pada koleksi ini, kami juga berharap untuk bisa memberikan makna yang berkesan," jelas Pendiri dan Direktur Kreatif dari Sejauh Mata Memandang Chitra Subyakto.

Karena mengikuti onde-onde dan kue lapis, koleksi ini memiliki motif polkadot atau lingkaran kecil serta garis berlapis-lapis. Warna koleksi Kudapan mengedepankan rona pastel, seperti hijau botol, biru muda, dan salem.

Baca Juga:

5 Jenis Pakaian Sesuai dengan Fase Pertumbuhan Perempuan

jenama
Gantungan baju toko terbuat dari daur ulang botol PET. (SMM)

Jenis kain yang dipilih untuk koleksi ini adalah kain tencel. Bahan yang terbuat dari serat pohon ini menghasilkan busana yang terasa lebih adem dan ringan kala dipakai. Kain jenis ini cocok untuk dipakai oleh masyarakat di negara tropis seperti Indonesia.

Seluruh busananya diproses dengan dua jenis teknik. Pertama adalah dengan teknik batik cap. Proses ini dilakukan di Desa Watukebo, Banyuwangi. Lalu, teknik kedua adalah cetak saring tangan. Pada teknik kedua ini, SMM bekerja sama dengan UMKM di daerah Duri Puri Kauh, Bali.

Bersamaan dengan trunk show ini, SMM juga meresmikan toko pop-up mereka yang berlokasi di Lantai 3 East Mall Grand Indonesia. Pop-up store dari SMM ini akan beroperasi hingga Agustus 2023.

"Interior toko ini menggunakan sebagian material hasil daur ulang dan guna ulang dari berbagai produk, di antaranya tirai yang terbuat dari kain perca sisa produksi Sejauh Mata Memandang serta panel pilar kayu yang terbuat dari sisa kayu hasil daur ulang," tulis Felix Tjahyadi selaku kolaborator pengarah kreatif dan perancang pop-up store SMM.

Koleksi Kudapan dapat dibeli secara langsung pada toko pop-up ini sejak minggu lalu. (mcl)

Baca Juga:

4 Jenis Jaket untuk Tetap Stylish di Tengah Musim Hujan

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan