Terinspirasi Kisah Nyata, 'Liam dan Laila' Angkat Sisi Lain Kehidupan Orang Minangkabau Pemain dan sutradara film Liam dan Laila (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

SETELAH menelurkan film Surau dan Silek yang bertemakan budaya Minangkabau pada 2017, sutradara Arief Malinmudo kembali menghadirkan budaya 'urang awak' bertajuk Liam dan Laila.

Terinspirasi dari kisah nyata, Liam dan Laila merupakan film produksi Mahakarya Pictures yang mengangkat sisi lain kehidupan orang Minangkabau.

Kisah film ini berputar pada hidup seorang pemuda asal Prancis bernama Liam (Jonatan Cerrada) yang jatuh hati pada Laila (Nirina Zubir), seorang gadis Minangkabau yang sangat menjunjung tinggi tatanan adat kampung halamannya.

Pemain dan sutradara film Liam dan Laila. (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Liam dan Laila yang memiliki begitu banyak perbedaan, salah satunya perbedaan kewarganegaraan, harus menghadapi tantangan yang sulit. Cibiran, keraguan, serta kecurigaan pun menghapiri keduanya, cinta mereka pun diuji. Terlebih karena kedatangan Liam tak hanya untuk menikahi Laila namun ada misi yang lebih besar daripada itu.

Apakah Laila yang mencintai kekasihnya, tetapi juga tak ingin mengecewakan keluarga besarnya dapat memilih jalan terbaik? Apakah Liam dapat menepis semua ketidakpercayaan orang terhadapnya?

Film ini menegaskan tentang kebebasan dalam memilih pasangan hidup. Kendati adat tetap harus dipertahankan, seseorang harus berpikir terbuka dan tegas dalam prinsip. Hal tersebut diungkapkan sang sutradara Arief Malinmudo. "Di sini saya ingin mengangkat tentang kebebasan. Bagaimana kemerdekaan memilih untuk sesuatu yang menurut kita benar. Jadi di film ini saya coba membahas bahwa setiap kita punya kebebasan untuk memilih kebenaran menurut kita sendiri," ucap Arief Malinmudo saat ditemui Merahputih.com di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (12/9).

Syuting film ini dilakukan di Bukittinggi, Jakarta, dan Paris. Prosesnya pun terhitung singkat, kurang lebih berlangsung selama 2 minggu. Menariknya, film ini menggunakan empat bahasa, yaitu Indonesia, Prancis, Inggris, dan Minang.

Selain dibintangi Jonatan Cerrada dan Nirina Zubir, film Liam dan Laila juga akan diramaikan nama besar lainnya, seperti David Chalik, Praz Teguh, Upik Isil, dan Gilang Dirga.

Liam dan Laila akan dirilis serempak di bioskop seluruh Indonesia pada 4 Oktober 2018 mendatang.(ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Penderita Diabetes Dilarang Mengonsumsi Makanan Ini

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH