Terima Paket Jangan Langsung Dibawa Masuk Patuhi protokol kesehatan saat menrima paket. (Foto: Unsplash/jesse ramirez)

PAKET datang rasanya sungguh membahagiakan. Apalagi barang yang dibeli itu sudah lama diidam-idamkan.

Namun, perlu diingat kalau sekarang masih dalam pandemi COVID-19. Ini berarti kamu tidak bisa sembarang membawa paket langsung ke dalam rumah.

Baca Juga:

Unik! Paket-Paket Ini Punya Pesan Aneh

Laman Houstenmethodist, menuliskan kalau virus COVID-19 bisa menempel dan bertahan selama tiga jam pada paket yang dibungkus menggunakan kardus. Sementara paket yang dibungkus dengan plastik virus lebih mengerikan lagi. Virus mampu bertahan selama tiga hari.

Dua jenis material ini adalah bahan paling umum yang digunakan untuk membungkus paket.

Sementara pada makanan, pakar epidemiologist Stephen Morse mengatakan bahwa makanan yang dimasak memiliki transmisi tingkat rendah. Terkecuali sudah terkontaminasi setelah dimasak. Sehingga ketika menerima paket makanan, yang perlu diperhatikan adalah kemasan luarnya.

Melansir dari laman Huffpost, jika hendak membuka paket baik itu barang, makanan dan lain-lain, maka kamu wajib melakukan protokol kesehatan agar tetap terjaga darijangkauan viurs corona.


Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Virus Corona Bisa Bertahan di Paket Belanja Online


Kurangi kontak langsung

paket
Minta kurir letakan paket di depan pintu. (Foto: Unsplash/cameramandan83)


Ada baiknya meminta kurir menaruh paket di depan halaman atau depan pintu saja. Tujuannya agar mengurangi kontak fisik secara langsung. Langkah ini sesuai dengan protokol kesehatan social distancing.


Semprot disinfektan

paket
DIsinfektan untuk menyemprot paket. (Foto: Unsplash/Tetiana SHYSHKINA)


Karena virus bisa bertahan tiga jam sampai tiga hari, maka sebaiknya disemprot dengan cairan disinfektan agar virus yang menempel bisa mati dan paket steril.


Buka paket di luar rumah

paket
Usahakan buka paket di luar rumah. (Foto: Unsplash/sigmund)


Membuka paket diluar rumah adalah langkah yang tepat agar mengurangi penyebaran virus. Ketika membuka paket diluar, tetap menggunakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan sarung tangan lateks.


Segera buang kemasan

paket
Buang kemasan paket ke luar lingkungan rumah. (Foto: Unsplash/purzlbaum)


Kalau isi paket sudah dikeluarkan segera buang bungkusannya dengan menyemprotkan cairan disifektan terlebih dahulu. Membuang bungkusan harus langsung ke tempat sampah yang berada di luar rumah.


Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

paket
Jangan menyentuh mata hidung dan mulut ketika membuka paket. (Foto: Unsplash/lishakov)


Sesuai protokol kesehatan jangan sekali-kali menyebtuh bagian mata, hidung dan mulut. Usahakan jangan terbawa suasana euforia membuka paket. Cegah tangan menyentuh bagian-bagian itu.


Mencuci tangan

paket
Jangan lupa cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun. (Foto: Unsplash/cdc)


jangan pernah lupa untuk mencuci tangan. Kelihatannya remeh tapi mencuci tangan mampu menghindarkan dari penyebaran virus corona. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik menggunakan air mengalir. (ray)


Baca Juga:

Cara Menerima Paket Belanja Online Saat Pandemi COVID-19



Paksi Suryo Raharjo