Terima Kunjungan INTI, Wagub Pati Buka-bukaan Potensi Investasi Daerah

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 19 April 2021
Terima Kunjungan INTI, Wagub Pati Buka-bukaan Potensi Investasi Daerah
Wakil Bupati (Wabup) Pati Saiful Arifin (Safin) menerima kunjungan pengurus perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI). Dok INTI.

MerahPutih.com - Wakil Bupati (Wabup) Pati Saiful Arifin (Safin) menerima kunjungan pengurus perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) untuk membahas potensi investasi di wilayahnya. Pertemuan berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati.

"Tentunya ini merupakan kunjungan yang sangat baik. Dan mudah-mudahan, rekan-rekan dari Inti ini dapat berinvestasi di Pati. Selain itu, mudah-mudahan mereka juga turut membantu mempromosikan potensi Pati ke daerah luar," kata Safin, dalam rilis yang diterima dari INTI, Senin (19/4). Pertemuan sendiri berlangsung Sabtu (17/4) lalu.

Baca Juga:

Pengurus Perhimpunan INTI Sambangi Boen Hian Tong

Acara kemudian kemudian dilanjutkan dengan tinjauan lapangan ke kawasan Pulau Seprapat Kecamatan Juwana. Wabup menegaskan kunjungan Inti kali ini, merupakan tindak lanjut atas undangan yang pihaknya terima di Tiongkok, jauh sebelum adanya pandemi COVID-19.

PATI
Wakil Bupati (Wabup) Pati Saiful Arifin (Safin) menerima kunjungan pengurus perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) di Pendopo Kabupaten. (Dok INTI)

Wabup membandingkan jumlah penduduk Indonesia saat ini sebanyak 270 juta, sedangkan di Tiongkok mencapai kurang lebih 1 miliar. Menurut Safin, jumlah penduduk tersebut merupakah salah satu potensi pasar yang perlu ditindaklanjuti.

"Kita berikan gambaran, Pati ini perlu kita buka, karena kita berharap akan adanya investasi-investasi yang masuk demi meningkatkan pembangunan daerah. Karena tanpa adanya investasi, pembangunan dapat terhambat," papar orang nomor dua di Pemkab Pati itu.

Menurut Wabup, baik pemerintah daerah maupun masyarakat, tidak hanya mengandalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun APBD saja untuk melaksanakan pembangunan. Namun, lanjut Safin, perlu adanya dukungan dari pihak swasta juga.

PATI
Wakil Bupati (Wabup) Pati Saiful Arifin (ke-4 dari kanan) mengantar rombongan pengurus perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) menijau sejumlah lokasi di wilayahnya. (Dok INTI)

Adapun sejumlah sektor yang dapat menampung investasi di antaranya sektor perikanan, pertanian, peternakan maupun produk-produk UMKM. Terlebih, terdapat banyak produk UMKM di Pati. Menurut Wabup, hanya perlu dilakukan branding maupun pengemasan yang baik sedemikian rupa agar dapat memberikan nilai tambah.

"Hal-hal menyangkut potensi itu lah yang perlu kita sampaikan pada warga luar. Tanpa kita berupaya mempromosikan kepada warga luar, maka kita akan terus tertinggal," imbuh Safin.

Wabup pun menegaskan perlu adanya dukungan dari masyarakat luas agar hal tersebut dapat terwujud. "Terlebih bahwa di tiap daerah sedang berlomba-lomba mempercantik diri guna memberikan manfaat serta kemudahan perizinan," tutup dia. (*)

Baca Juga:

Perhimpunan INTI Donasikan Rp25 Juta untuk Roemah D

#INTI
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan