Headline

Terima 10 Nama Capim KPK, Jokowi : Akan saya Koreksi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 02 September 2019
Terima 10 Nama Capim KPK, Jokowi : Akan saya Koreksi
Presiden Joko Widodo menemui 9 orang panitia seleksi calon pimpinan KPK 2019-2023 untuk menyerahkan 10 nama capim yang akan dibawa ke DPR di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/9) (Antaranews/Desca Lidya

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masukan yang diberikan masyarakat maupun tokoh-tokoh terkait proses seleksi Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa dijadikan catatan-catatan.

“Dalam rangka mengkoreksi apa yang telah dikerjakan oleh Pansel (Panitia Seleksi),” kata Presiden Jokowi dalam pengantarnya saat menerima Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK), di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/9).

Baca Juga:

Berikut 10 Nama Capim KPK yang Diserahkan Pansel ke Presiden Jokowi

Pansel KPK yang diterima Presiden Jokowi itu dipimpin langsung oleh Ketuanya Yenti Garnasih, dengan didampingi anggotanya yaitu Hendardi, Indriyanto Seno Adji, Harkristuti Harkriswono, Hamdi Muluk, Marcus Priyo Gunarto, Al Araf, Diani Sadia Wati, dan Mualimin Abdi.

Kedatangan Pansel Capim KPK itu dimaksudkan untuk melaporkan hasil seleksi yang sudah menyelesaikan tahap akhir, yaitu Seleksi Wawancara dan Uji Publik yang diikuti oleh 20 peserta, dan berakhir Kamis (29/8) lalu.

Presiden Joko Widodo menemui 9 orang panitia seleksi calon pimpinan KPK 2019-2023 untuk menyerahkan 10 nama capim yang akan dibawa ke DPR di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/9) (Antara/Desca Lidya Natalia)

Saat menerima Pansel Capim KPK itu, Presiden Jokowi menegaskan, tidak harus tergesa-gesa menyerahkannya ke DPR. "Yang paling penting menurut saya, apa yang nanti saya sampaikan ke DPR itu betul-betul nama nama yang memang layak untuk dipilih oleh DPR," tambah Presiden.

Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras Pansel Capim KPK masa jabatan 2019-2023 dalam melakukan seleksi sejak awal, sampai mungkin sudah tinggal 20 atau 10.

“Ini adalah sebuah proses panjang yang telah dilalui,” ujar Jokowi.

Baca Juga:

Ketua Umum PBNU: KPK Jangan Hanya Tangkap Yang Receh-receh

Di antara nama-nama itu, ada nama komisioner KPK petahana Alexander Marwata dan Kapolda Sumsel Irjen Firli. Sementara itu nama Wakabareskrim Irjen Antam Novambar tersingkir. Berikut daftar lengkapnya:

1. Alexander Marwata, Komisioner KPK

2. Firli Bahuri, Anggota Polri

3. I Nyoman Wara, Auditor BPK

4. Johanis Tanak, Jaksa

5. Lili Pintauli Siregar, Advokat

6. Luthfi Jayadi Kurniawan, Dosen

7. Nawawi Pomolango, Hakim

8. Nurul Ghufron, Dosen

9. Roby Arya B, PNS Sekretariat Kabinet

10. Sigit Danang Joyo, PNS Kementerian Keuangan. (Knu)

#Pansel KPK #Komisi Pemberantasan Korupsi #Presiden Jokowi #Capim KPK
Bagikan
Bagikan