Terdampak Kerusuhan 22 Mei, Esok Pasar Tanah Abang Kembali Dibuka Haji Lulung bersama Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin

MerahPutih.Com - Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat akan dibuka kembali besok Jumat (24/5). Arief memastikan bahwa pasar terbesar se-Asia Tenggara itu sudah aman bagi para pembeli.

Pasar tersebut dibuka kembali setelah sempat ditutup selama dua hari akibat adanya kerusuhan 22 Mei saat demo penolakan hasil Pemilu 2019.

Hal itu ditegaskan Arief setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan perwakilan beberapa tokoh masyarakat seperti Abraham Lunggana agau Haji Lulung, dan juga perwakilan pedagang Tanah Abang.

Suasana Pasar Tanah Abang selama kerusuhan 22 Mei
Sisa-sisa bekas kerusuhan di kawasan Pasar Tanah Abang yang terjadi sejak Rabu 22 Mei kemarin. (ANT)

"Ekonomi di Jakarta ini aman, jadi kita mendorong untuk aman untuk memastikan kalau besok Pasar Tanah Abang seluruhnya buka, sesuai dengan apa yang sering rutinitas tiap hari," ujar Arief saat mengecek kondisi Pasar Tanah Abang, Kamis (23/5) malam.

Padahal sebelumnya PD Pasar Jaya berencana menutup Pasar Tanah Abang hingga Sabtu (25/5) mendatang sesuai dengan koordinasi dengan pihak kepolisian.

Arief mengungkapkan penutupan kembali Pasar Tanah Abang bisa saja terjadi jika kerusuhan kembali pecah di kawasan Tanah Abang sesuai instruksi pihak kepolisian.

Aksi bakar-bakar di underpass Pasar Tanah Abang oleh para perusuh
Massa melakukan perlawanan ke arah Brimob di Kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/5/2019) dini hari. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/

PD Pasar Jaya memperkirakan kegiatan perekonomian di Pasar Tanah Abang, merugi mencapai Rp 200 Miliar akibat kerusuhan yang terjadi setelah pengumuman hasil Pemilu 2019.

BACA JUGA: Imbas Kerusuhan, Pasar Tanah Abang Tutup Sampai 25 Mei

Masih Kisruh, Pasar Tanah Abang Tutup Total

Sementara itu, tokoh masyarakat Tanah Abang yang juga caleg DPR terpilih Abraham Lunggana alias Haji Lulung menuturkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan warga setempat untuk menjaga wilayah Tanah Abang.

"Tadi dihadiri Pak Kapolres dan beliau menekankan bahwa sudah tidak ada apa-apa lagi. Silahkan seluruh pertokoan di Jakarta khususnya di tanah abang bisa juga buka InsyaAllah tidak ada apa apa lagi," kata Lulung.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH