Terdampak Corona, 53 Penerbangan ke Bandara YIA Dibatalkan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Foto: Humas Angkasa Pura II

MerahPutih.com - Geliat bisnis transportasi udara turut terdampak berat virus Corona. Sebanyak 53 jadwal penerbangan dari dan menuju bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dibatalkan.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan pembatalan sejumlah rute ini mulai terjadi sejak Minggu (29/03). Padahal pada hari yang sama Bandara di ujung selatan provinsi DIY ini beroperasi secara penuh.

Baca Juga

KAI DAOP 6 Batalkan 10 Perjalanan KA Bandara YIA

"Awalnya direncanakan ada 168 pergerakan penerbangan baik domestik dan internasional disini pas awal operational penuh. Tapi hanya ada 115 pergerakan saja," kata Gaul dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Senin (30/03).

Pembatalan ini otomatis menyebabkan penurunan jumlah penumpang. Dalam kondisi normal jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari YIA mencapai 18 perhari. Namun saat ini hanya 7.000-8.000 penumpang per hari.

"Yang paling banyak berkurangnya adalah penumpang kedatangan. Jumlahnya turun drastis,"jelas dia.

Badraa YIA
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Foto: Humas Angkasa Pura II

Hal ini turut dipengaruhi dengan pemberhentian operasi dua maskapai penerbangan International yakni Silk Air dan Air Asia.

"Dua maskapai yang sebelumnya beroperasi di Adisutjipto, SilkAir dan AirAsia sementara menghentikan penerbangan dari 20 Maret 2020 sampai 11 mei 2020," katanya.

Ia juga belum dapat memastikan sampai kapan maskapai melakukan pembatalan jadwal penerbangan. Pembatalan penerbangan tersebut tergantung kebijakan masing-masing maskapai.

Baca Juga

Miris, Jokowi Tegaskan Insentif Tenaga Medis COVID-19 tidak Berlaku se-Indonesia

Seluruh penerbangan domestik maupun internasional dari dan menuju Yogyakarta resmi dipindahkan dipusatkan ke ke YIA Kabupaten Kulonprogo sejak Minggu (29/03) 2020. Namun Bandara Adisutjipto di Kabupaten Sleman masih dapat dilandasi pesawat propeller kecil tujuan dalam pulau Jawa. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH