Terdakwa Kasus Pembunuhan dan Mutilasi di Sleman Divonis Mati

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 31 Agustus 2023
Terdakwa Kasus Pembunuhan dan Mutilasi di Sleman Divonis Mati
Terdakwa Heru Prastiyo saat reka ulang adegan di Pakem. Foto: MP/Cahyo

MerahPutih.com - Pengadilan Negeri (PN) Sleman menggelar sidang kasus pembunuhan disertai mutilasi terhadap Ayu Indraswari yang terjadi di kawasan Kaliurang, dengan agenda pembacaan vonis terhadap terdakwa Heru Prastiyo, pada Rabu (30/8).

Dalam pembacaan putusan yang dipimpin ketua majelis hakim Aminuddin, majelis hakim PN Sleman menjatuhkan vonis hukuman mati terhadap terdakwa Heru Prastiyo.

Baca Juga

Pelaku Mutilasi di Sleman Rebus Potongan Tubuh Korban untuk Hilangkan Jejak

"Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana," kata Aminuddin.

Aminuddin menyebut Heru terbukti merencanakan untuk menghabisi nyawa korban demi bisa merampas harta bendanya untuk melunasi utang pinjaman online (pinjol) dan untuk keperluan lainnya.

Untuk melakukan aksinya ini, Heru mengatur pertemuan dengan mengajak kencan korban sebelum melancarkan aksinya di sebuah sebuah wisma daerah Purwodadi, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY pada Sabtu (18/3).

Baca Juga

Polisi Ungkap Identitas Korban Mutilasi di Sleman

Selain itu terdakwa Heru juga terbukti telah mempersiapkan alat-alat yang akan dipakai untuk membunuh dan memutilasi korbannya. Mutilasi ini dilakukan untuk menghilangkan jejak pembunuhan yang dilakukan oleh terdakwa Heru.

Sementara Kuasa Hukum Heru, Sri Karyani menghormati bunyi putusan majelis hakim ini. Pihaknya menyatakan pikir-pikir atas vonis tersebut.

"Di dalam waktu tujuh hari ini kami menyatakan untuk pikir-pikir sambil berunding dengan terdakwa dan keluarga terdakwa," ungkap Sri. (Cahyo/Yogyakarta)

Baca Juga

Polisi Sebut Korban dan Pelaku Mutilasi Berkenalan di Media Sosial

#Mutilasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan