Tercatat Sudah 50 Kali Gempa Susulan di Tapanuli Utara

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 01 Oktober 2022
Tercatat Sudah 50 Kali Gempa Susulan di Tapanuli Utara
Ilustrasi foto alat pendeteksi gempa seismograf. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

MerahPutih.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 terjadi di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, sekitar pukul 02.28 WIB.

Tercatat sudah terjadi 50 kali aktivitas gempa susulan usai gempa pertama berkekuatan 5,8 magnitudo.

"Hingga pukul 06:50 WIB BMKG sudah tercatat 50 kali aktivitas gempa susulan di Tarutung pasca-gempa Mag 5,8 yang menimbulkan kerusakan dan korban jiwa dan luka," tulis Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam akun Twitter-nya, Sabtu (1/10).

Baca Juga:

Gempa Tapanuli Utara, 1 Warga Meninggal Dunia

Gempa Tapanuli Utara merupakan gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,8.

"Gempa susulan Tarutung Mag. 5,8 sudah terjadi 50 kali dengan magnitudo terkecil: 2.4 dan magnitudo terbesar: 5.1," sambungnya.

Baca Juga:

Gempa Magnitudo 5,8 Tapanuli Utara akibat Aktivitas Sesar Besar Sumatera

BMKG mendapat pusat gempa berada di darat, 15 kilometer barat laut Tapanuli Utara. Tak berselang lama, gempa kembali terjadi dengan magnitudo 5,1. Gempa tercatat pukul 02.50 WIB dan lokasi 4 km timur laut Taput.

"Episenter gempa bumi Tapanuli Utara Mag. 5,8 ini terletak pada koordinat 2,11° LU ; 98,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km," papar Daryono. (Asp)

Baca Juga:

Setelah Guncangan Bermagnitudo 6,8, Taiwan Alami 70 Kali Lebih Gempa Susulan

#BMKG #Gempa #Gempa Bumi
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan