Terbuka Peluang Pembalap IATC 2022 Binaan AHM Kibarkan Merah Putih di Mandalika

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 19 Maret 2022
Terbuka Peluang Pembalap IATC 2022 Binaan AHM Kibarkan Merah Putih di Mandalika
Reykat Yusuf Fadillah. (Foto:IATC)

MerahPutih.com - Balapan pertama seri Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 di Mandalika International Street Circuit akan dimulai Sabtu (19/3) pukul 16:25 WITA. Keesokan harinya Minggu (19/3), balapan kedua akan berlangsung pada pukul 09:00 WITA.

Dua pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) akan melakukan start dari baris kedua yakni Reykat Yusuf Fadillah dan Aan Riswanto memulai balap di posisi keempat dan kelima. Hasil ini berkat sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu (19/3).

Baca Juga:

Rasa Aman Pembalap MotoGP di Sirkuit Mandalika Yang Lolos Homologasi Grade A

Reykat Yusuf Fadillah mencetak waktu tercepat 1 menit 54,018 detik usai menghabiskan 10 lap. Sementara, Aan Riswanto mencatatkan 1 menit 54,382 detik yang dicapai pada lap ke-7 dari 14 putaran yang dilaluinya.

Posisi start yang baik ini memunculkan harapan, pebalap Indonesia untuk mengibarkan Merah Putih di Sirkuit Mandalika, Lombok.

"Hari ini saya coba memaksimalkan hasil adaptasi latihan bebas kemarin dan pengalaman saya di tahun lalu di Mandalika," katanya di Mandalika,Sabtu (19/3).

Ia memaparkan, meski kualifikasi berjalan dalam kondisi basah, tidak mengendurkan semangat untuk meraih catatan waktu terbaik. Bahkan ia sempat kehilangan kendali di 5 menit terakhir dan terjatuh.

"Tapi catatan waktu ke 4 ini, buat saya cukup bagus untuk modal di balapan nanti,” ungkap Reykat.

Sementara Aan Riswanto mengatakan, ini menjadi salah satu kesempatannya untuk meraih hasil terbaik di Mandalika. Walaupun kondisi trek yang kurang ideal.

Pembalap IATC. (Foto: IATC)
Pembalap IATC. (Foto: IATC)

Sementara itu, Veda Ega Pratama, pebalap 13 tahun yang meraih podium ketiga pada seri pertama di Qatar, terjatuh dan mengalami high side di tikungan keempat saat menjalani sesi kualifikasi lap keempat.

Pebalap asal Gunung Kidul itu sempat membukukan catatan waktu cukup baik dan berada di peringkat ke-12. Namun sayang, cedera yang dialami membuat dirinya harus menepi dan tidak balapan.

"Saya harus menyelesaikan race week dengan lebih cepat karena saya mengalami retak di pergelangan tangan kiri, sehingga tidak diizinkan mengikuti race di Mandalika. Semoga saya bisa segera pulih dan kembali ke lintasan balap untuk kembali mengharumkan nama Indonesia," ujar Veda.

Agenda MotoGP di Mandalika, pada Sabtu (19/3) ini, dimulai dengan kualifikasi Asia Talent Cup, dilanjutkan dengan latihan bebas Moto3, Moto2 dan MotoGP. Pada siang harinya, kualifikasi Moto3, Moto2 mendahului sesi FP4 MotoGP sebelum para pembalap kelas premier berebut posisi start terdepan di babak kualifikasi. (Kuh)

Baca Juga:

Menanti Drama MotoGP di Tikungan 1 Sirkuit Mandalika dari Kelas Deluxe

#Mandalika #GP Mandalika #Honda #Sirkuit Mandalika #MotoGP
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan