Terbongkar! Ini 6 Cara Rahasia Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa Ada beberapa cara rahasia untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa (foto: unsplash/ Candice Picard)

SAAT menjalani ibadah puasa, tentunya rasa haus terus menjalar di kerongkongan kamu. Apalagi jika cuaca di siang hari panasnya enggak santai.

Tentunya cairan tubuh kamu bisa berkurang secara berlebihan, atau dehidrasi. Hal itu bisa menyebabkan produktivitas kamu menurut drastis.

Karena dampak dari dehidrasi biasanya menurunnya konsentrasi, sakit kepala dan kemunculan rasa letih serta lesu.

Namun kamu tak perlu khawatir, karena ada 5 cara rahasi mencegah dehidrasi saat menjalani ibadah puasa, seperti yang dilansir dari laman Go Dok.

1. Atur Asupan Cairan Saat Sahur dan Berbuka

pintar pintarlah mengatur asupan cairan (foto: pixabay/silviarita)


Langkah yang pertama ialah mengatur cairan ketika sahur dan berbuka. Menurut Rita Ramayulis, seorang praktisi Gizi Klinik dan Olahraga. Seseorang yang berpuasa harus membagi asupan cairan tubuhnya, baik di waktu sahur maupun berbuka puasa.

Karena itu, setiap harinya kamu dianjurkan mengonsumsi minimal 40 cc per kilogram berat badan. Contoh misalkan berat badan kamu 60 kg, maka kebutuhan cairan yang harus kamu penuhi ialah 2,4 liter per harinya 60 kg X 40 cc.

Cairan tersebut bisa kamu peroleh saat berpuasa dengan meminum dua gelas air putih saat sahur. Minum segelas minuman manis dan segelas air putih ketika berbuka. dan minum tiga gelas cairan ketika makan malah.


2. Konsumsi Buah-Buahan yang Kaya Air

Buah kaya akan air bisa menjadi pilihan (foto: pixabay/stevepb)

Cara yang kedua ialah mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan air. Penuhilah kebutuhan cairan kamu dengan menambahkan buah-buah seperti halnya semangka, apel, melon atau pir dalam menu berbuka puasa dan sahur kamu.

3. Pilih Makanan Berkuah

Makanan berkuah solusi cegah dehidrasi (Foto: pixabay/jyleen21)

Cara yang ketiga untuk mengatasi dehidrasi saat berpuasa ialah dengan mengonsumsi makanan berkuah. Contoh makanan berkuah yaitu seperti sayur bayam, sup ayam, ataupun soto. Karena kuah dapat menjadi pengganti cairan atau air putih.

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH