Terbitkan Perpres DBON, Jokowi Optimistis Indonesia Berprestasi di Dunia Olahraga Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam pelepasan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo tahun 2021 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/7). ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Rusman

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 26 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 pada Kamis (9/9).

Dalam kesempatan ini, bekas Wali Kota Solo itu juga berterima kasih kepada insan olahraga dan masyarakat yang selalu mendukung kemajuan olahraga Indonesia.

Baca Juga

Berbagi Rezeki, Greysia/Apriyani Berangkatkan Asisten Pelatih Umrah

Jokowi menyampaikan bahwa perayaan Haornas tahun ini hadir dengan catatan prestasi membanggakan atas raihan medali di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Menurut dia, pencapaian prestasi kali ini tak hanya membanggakan, tetapi juga menginspirasi bangsa dan memacu prestasi-prestasi gemilang lainnya pada masa yang akan datang

"Apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perjuangan dan kerja keras para atlet. Ketekunan dari para pelatih yang telah mampu mengasah talenta-talenta hebat sehingga mengharumkan nama bangsa melalui prestasi-prestasi olahraga," tutur Jokowi dalam sambutannya secara virtual, Kamis (9/9).

Jokowi mengatakan prestasi olahraga harus terus ditingkatkan bersama-sama. Menurutnya, prestasi tidak muncul bergitu saja, melainkan oleh sebuah proses, pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan.

"Kita harus fokus bekerja untuk mencetak talenta-talenta hebat di bidang olahraga agar lahir makin banyak atlet unggul berprestasi yang akan mengharumkan Indonesia di kancah internasional," ujar Jokowi.

Dengan adanya DBON, Jokowi yang berusia 60 tahun itu pun optimistis Indonesia akan mampu bersaing dan meraih lebih banyak prestasi dalam dunia olahraga.

Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo. (Foto: setkab.go.id).

Untuk itu, Jokowi mengajak seluruh pemangku kepentingan agar bersinergi menciptakan industri olahraga yang semakin modern, dengan menyelenggarakan berbagai kompetisi olahraga yang sehat dan memacu prestasi.

"Kita harus menemukan talenta-talenta unggul sejak dini sehingga menjadi pondasi yang kuat untuk memajukan dunia olahraga di Indonesia," tutur Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga mengungkapkan DBON akan menjadi harapan baru bagi Indonesia untuk meningkatkan prestasi olahraga.

"Pada kesempatan peringatan Haornas ke-38, sejarah baru telah kita ukir. Pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden sebagai payung hukum untuk pelaksanaan DBON," kata Zainudin Amali saat memberikan sambutan di Gelanggang Olahraga POPKI, Cibubur, Jakarta Timur.

"Ini juga menjadi penanda bahwa hari ini lahir harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia," sambungnya.

DBON merupakan jawaban atas arahan atau perintah dari Presiden Joko Widodo pada peringatan Haornas ke-37 pada tahun lalu. Dalam arahannya, Jokowi meminta agar pola pembinaan olahraga prestasi nasional dievaluasi total.

Zainudin menjelaskan DBON nantinya akan mengatur dari hulu ke hilir keolahragaan nasional, mulai dari pembinaan atlet hingga berujung pada prestasi olahraga di tingkat Olimpiade dan Paralimpiade.

Menurut dia, sudah 76 tahun Indonesia merdeka, namun belum memiliki desain olahraga, dan atlet yang didapatkan selama ini by accident atau ditemukan secara tidak sengaja.

Melalui DBON, ia mengibaratkan seperti pabrik untuk mempersiapkan atlet, mulai dari lapisan lapisan bawah hingga elite. Dengan begitu, ketika atlet senior sudah pensiun, maka akan ada penggantinya, dan ini dilakukan secara terus menerus.

Terdapat 14 cabang olahraga di Olimpiade yang menjadi prioritas, yaitu atletik, bulu tangkis, panjat tebing, senam artistik, angkat besi, balap sepeda, panahan, menembak, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu dan pencak silat.

Selain itu, ada pula lima cabang olahraga prioritas untuk Paralimpiade, yakni para-bulu tangkis, para-powerlifting, para renang, para-tenis meja dan para-atletik. (*)

Baca Juga

3 Asisten Baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jelang Derbi Mataram, Polresta Surakarta Kerahkan 750 Personel
Olahraga
Jelang Derbi Mataram, Polresta Surakarta Kerahkan 750 Personel

Polresta Surakarta, Jawa Tengah mengerahkan sebanyak 750 personel saat untuk mengamankan pertandingan derbi Mataram Grup C Liga 2 antara Persis Solo vs PSIM Yogyakarta di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/10) pukul 18.30 WIB.

Kirab Api PON Dimulai dari Sorong Papua Barat
Olahraga
Kirab Api PON Dimulai dari Sorong Papua Barat

Api abadi PON XX Papua akan mengelilingi lima wilayah adat di Papua selama enam hari berturut-turut yakni dari 27 September hingga 2 Oktober mendatang.

Polisi Tangkap Pria Uzbekistan Diduga Perkosa Staf Olimpiade
Olahraga
Polisi Tangkap Pria Uzbekistan Diduga Perkosa Staf Olimpiade

Polisi menangkap seorang pria asal Uzbekistan atas dugaan pemerkosaan kepada wanita yang juga staf Olimpiade 2020 di Stadion Nasional, Tokyo.

Greysia/Apriyani Rebut Medali Emas, Jokowi: Kado HUT Kemerdekaan Indonesia
Olahraga
Greysia/Apriyani Rebut Medali Emas, Jokowi: Kado HUT Kemerdekaan Indonesia

Medali emas yang diraih unggulan keenam itu, lanjut Kepala Negara, menjadi kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia, dua pekan lagi.

Mochamad Iriawan: Program Kerja PSSI Harus Berjalan di Tengah Pandemi
Olahraga
Mochamad Iriawan: Program Kerja PSSI Harus Berjalan di Tengah Pandemi

Di hadapan 87 pemilik suara (voters), Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan sejumlah hal penting terutama soal program PSSI di tahun 2021.

Amunisi Baru Dewa United FC, Siapakah Dia?
Olahraga
Amunisi Baru Dewa United FC, Siapakah Dia?

Dewa United FC menambah satu amunisi menjelang kompetisi Liga 2 2021.

Jadwal Pertandingan Pebulutangkis Indonesia Besok
Olahraga
Jadwal Pertandingan Pebulutangkis Indonesia Besok

Para pebulutangkis Indonesia akan memulai langkah untuk misi merebut medali emas Olimpiade 2020 pada Sabtu (24/7) pagi WIB.

Pelatih Persib Akui Permainan Defensif PSS Bikin Permainan Sulit Berkembang
Olahraga
Pelatih Persib Akui Permainan Defensif PSS Bikin Permainan Sulit Berkembang

"Jalannya pertandingan babak kedua berbeda jauh, setelah saya merubah strategi masukkan Wander Luiz dan berhasil mencetak dua gol," kata Robert.

Manchester United Tantang AC Milan di 16 Besar Europa League
Olahraga
Manchester United Tantang AC Milan di 16 Besar Europa League

Laga big match tersaji di babak 16 besar Europa League musim 2020/2021. Manchester United menantang AC Milan di fase hidup mati.

Perjuangan Alvin Terhenti di Babak Pertama 100 Meter Putri Olimpiade Tokyo
Olahraga
Perjuangan Alvin Terhenti di Babak Pertama 100 Meter Putri Olimpiade Tokyo

Alvin Tehupeiory telah menyelesaikan lomba di babak pertama nomor 100 meter putri dengan finis di urutan terakhir atau kedelapan.