Terbanyak Banten, Caleg Eks Koruptor Kubu Jokowi Menang 4-2 Kantor KPU. Foto: net

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumumkan daftar caleg eks koruptor.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, ada 49 caleg berstatus mantan terpidana korupsi pada pemilu 2019. Dari jumlah tersebut, Golkar di posisi pertama, Gerindra kedua sebagai partai dengan caleg eks koruptor.

Provinsi Banten menjadi penyumbang paling banyak caleg eks napi korupsi. Ada 6 caleg yang berasal dari partai berbeda-beda.

Logo KPU

Dari penelusuran MerahPutih.com, Jumat (1/2). Partai Golkar menjadi paling banyak mendaftarkan caleg eks koruptor. Sedangkan, sisanya berasal dari Demokrat dan PAN.

Dengan demikian, koalisi Jokowi menang 4-2 atas kubu Prabowo dalam hal partai yang paling banyak caleg eks koruptor

Berikut daftar caleg eks koruptor dan latar belakang:

1. Bahri Syamsu Arif adalah caleg DPRD Kota Cilegon dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ia pernah tersangkut kasus korupsi honorium ganda anggota DPRD Cilegon tahun anggaran 2005-2006 yang merugikan negara Rp 2,2 miliar. Bahri divonis 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta.

2. Agus Mulyadi Randil adalah caleg DPRD Provinsi Banten dari Partai Golkar. Agus yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Umum Perlengkapan Pemprov Banten terjerat tindak pidana korupsi pengadaan lahan sistem pertanian terpadu 2009-2010 dengan kerugian negara mencapai Rp 54 miliar.

3. Desy Yusnandi adalah caleg DPRD Provinsi Banten dari Partai Golkar. Ia terjerat kasus korupsi puskesmas di Tangerang Selatan tahun 2011-2012. Desy juga menjadi tersangka korupsi bersama Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, Kadis Kesehatan Tangsel Dadang M Epid, dan Kabid Sumber Daya Kesehaan Tangsel Mamak Jamaksari dan Sekdis Dinkes Banten Neng Ulfah. Ia divonis 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta serta diminta membayar uang pengganti Rp 431 juta.

4. Dede Widarso merupakan caleg DPRD Kabupaten Pandeglang dari Partai Golkar. Dede adalah mantan kepala Desa Sidamukti Kecamatan Sukaresmi Pandeglang. Ia pernah tersangkut kasus korupsi raskin pada 2013. Dia divonis 1,6 tahun penjara dan denda Rp 50 juta.

5. Heri Baelanu ialah caleg DPRD Kabupaten Pandeglang dari Partai Golkar yang pernah dipenjara 1 tahun dan pidana denda Rp 50 juta terkait korupsi bantuan sosial senilai Rp 1,4 miliar.

6. Jhony Husban adalah caleg DPRD Kota Cilegon dari Partai Demokrat yang pernah terjerat kasus korupsi honorarium ganda anggota DPRD Cilegon tahun anggaran 2005-2006 dan merugikan negara Rp 2,2 miliar. Ia divonis 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH