Terbang Perdana Jokowi Dengan Pesawat Kepresidenan Usai Dicat Ulang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 19 Agustus 2021
Terbang Perdana Jokowi Dengan Pesawat Kepresidenan Usai Dicat Ulang
Pesawat Kepresidenan setelah berubah cat. (Foto: Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com - Ada pemandangan anyar saat Presiden Joko Widodo bertolak menuju Jawa Timur pada Kamis (19/8) untuk melaksanakan kunjungan kerja. Kini, Kepresidenan Indonesia-1 telah berganti warna dari yang semula berwarna biru muda menjadi merah putih.

Presiden Jokowi dan rombongan terbatas lepas landas denan pesawat dengan yang sudah menjalani perawatan rutin serta pengecatan ulang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Baca Juga:

Pesawat Kepresidenan Dicat Merah, Demokrat: Menghapus Jejakmu!

Setibanya di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Madiun, Presiden disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Nico Afinta. Presiden Jokowi dan rombongan akan kembali ke Jakarta pada sore harinya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sudah dicat ulang. Kebijakan itu sudah direncakan sejak 2019 lalu.

"Pengecatan Pesawat BBJ 2 terkait dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia pada 2020. Proses pengecatan sendiri merupakan pekerjaan satu paket dengan Heli Super Puma dan Pesawat RJ,"ujar Heru di Istana Negara, Selasa (3/8).

Pesawat RJ adalah pesawat Kepresidenan British Aerospace RJ 85 (BAe-RJ 85) atau biasa disebut RJ-85 yang biasa dipakai oleh wakil presiden untuk melakukan kunjungan kerja.

Pesawat Kepresidenan setelah dicat ulang. (Foto: Sekretariat Presiden)
Pesawat Kepresidenan setelah dicat ulang. (Foto: Sekretariat Presiden)

"Namun pada 2019, pesawat BBJ 2 belum memasuki jadwal perawatan rutin sehingga yang dilaksanakan pengecatan terlebih dahulu untuk Heli Super Puma dan pesawat RJ," ungkap Heru.

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengkritik cat ulang pesawat Kepresidenan RI yang ditaksir menelan biaya Rp 2 miliar. Biaya cat ulang pesawat setara jenis B737-800 berkisar antara USD 100 ribu hingga USD 150 ribu. Nilai itu setara dengan Rp 1,4 miliar sampai dengan Rp 2,1 miliar.

"Biaya cat ulang saya merujuk pada biaya yang umumnya berlaku untuk pengecatan ulang pesawat B737-800 penerbangan sipil," kata Alvin saat dikofirmasi awak media, Selasa (3/9).

Baca Juga:

Ditaksir Telan Biaya Rp 2 Miliar, Cat Ulang Pesawat Kepresidenan Tuai Kritik

#Breaking #Pesawat #Jokowi
Bagikan
Bagikan