Terbang Jarak Jauh dengan Si Kecil? Bukan Masalah Lagi! Kenyaman, hiburan dan tidur nyenyak menjadi 3 hal yang sangat diperhatikan orang tua bagi anaknya dalam sebuah penerbangan menurut survei. (Foto: emirates)

PADA bulan Agustus lalu sebuah maskapai terkenal melakukan riset dengan menggandeng badan riset swasta YouGov. Dari hasil riset itu ditemukan bahwa anak-anak di bawah usia 16 tahun menjadi bosan 90 menit setelah take-off, dan satu jam atau kurang untuk mereka yang berusia di bawah 6 tahun. Untuk menenangkan mereka, 63 % orang tua mengarahkan anak-anaknya ke hiburan. Sementara 60 % lainnya memberi makanan ringan.

Selain itu, 58 % orang tua dengan anak-anak di bawah 6 tahun bergantung pada gawai untuk menghilangkan kebosanan. Sementara 48 % orang tua dengan anak-anak antara 7 - 12 tahun memberikan mainan atau buku favorit. Menariknya, sekitar 28 % orang tua lebih memilih untuk berkeliling di dalam kabin pesawat.

Baca Juga:

Panduan Lengkap Daftar Barang yang Harus Dibawa saat Traveling


Menurtu laman channelnewsasia, berangkat dari riset itu maskapai penerbangan tersebut membuat kesimpulan yang dapat membantu orangtua yang terbang dengan anak-anaknya.

Microsite

aplikasi microsite
Adanyanya microsite yang membantu kebutuhan penumpangnya. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Untuk memudahkan kamu yang sudah capek, maskapai itu punya microsite khusus, lengkap dengan tips dan info tentang cara terbang dengan nyaman. Bagi orang tua yang baru pertama kali datang, ada daftar periksa yang merinci logistik perjalanan pra-penerbangan sampai barang bawaan penting. Masakapai Emirates sudah menyiapkan daftar periksa pribadi untuk item darurat seperti susu formula bayi sampai dengan cadangan botol.

Terbang dengan bayi

terbang jarak jauh dengan bayi
Dapat ekstra bagasi bila terbang dengan bagasi. (Foto: Pixabay/Bergadder)


Jumlah perlengkapan bayi untuk penerbangan jarak jauh pasti tidak sedikit. Oleh karena itu keluarga yang membawa bayi diizinkan membawa sampai 10 kg bagasi dan tas tangan ekstra, tanpa biaya tambahan. Lebih lagi, jika perlengkapan penting bayi seperti popok tertinggal, kamu bisa meminta kit khusus berisi barang-barang penting seperti popok, lotion, dan tisu. Selain kereta bayi, ada juga meja ganti di kamar mandi dalam pesawat.


Hiburan

hiburan terbang jarak jauh
Hiburan berbasis internet dengan banyak pilihan untuk si kecil. (Foto: emirates)

Anak- anak bisa menghilangkan kebosanan lewat 150 pilihan saluran khusus anak-anak dalam 40 bahasa dengan memakai headphone. Mereka juga bisa menonton saluran populer Cartoon Network atau menikmati 50 film klasik Disney. Masih kurang cukup, ada juga 100 pilihan jenis permainan. Sambil mereka sibuk ke layar, mereka bisa bebas menikmati menu camilan seperti buah-buahan, cokelat, pizza dan popcorn.


Baca Juga:

Ini 10 Alasan Kamu Harus Coba Solo Travel Selama Hidup Kamu


Mainan eksklusif

mainan eksklusif
Mainan yang diberikan untuk memberikan kenyamanan terbang pada anak. (Foto: emirates)

Maskapai ini juga menyediakan mainan eksklusif dan kit bagi kamu yang butuh hiburan alternatif bagi si kecil. Menunggu dalam waktu yang lama tidak akan terasa oleh si kecil karena dapat bersenang-senang dengan ransel Fly With Me Animals terdiri dari lembaran aktivitas dan stiker. Anak-anak yang lebih besar bisa tetap fokus dengan banyak perlengkapan aktivitas bertema perjalanan oleh Lonely Planet berisi buku-buku interaktif.


Makanan

makanan terbang jarak jauh
Ada menu yang dipersiapkan khusus untuk anak. (Foto: emirates)

Bagi si buah hati yang suka rewel karena lapar ataupun makanan yang tidak disukai, ada menu khusus dengan beragam pilihan makanan sehat. Bayi juga punya pelayanan khusus dengan berbagai jenis makanan lunak. Ditambah susu formula dan botol susu, tersedia lewat permintaan. Kamu yang bepergian dengan bayi juga dapat meminta awak kabin untuk membantu memanaskan makanan dan botol.


Transit

penerbangan transit
Anak-anak akan lebih gembira berada di bandara transit Dubai. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jika penerbangan jarak jauh masih tetap menjadi masalah bagi kamu, kamu dapat mencoba memilih penerbangan transit. Menikmati fasilitas bandara seperti Kids Zone, dilengkapi dengan taman bermain mini indoor, layar interaktif, dan film yang ada di bandara Dubai. Keluarga juga dapat menggunakan kereta maskapai ini secara gratis untuk berkeliling bandara dengan mudah. (lgi)

Baca Juga:

Tips Memilih Agen Travel yang Aman

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH