Cara Hemat ala Anak Kuliahan Ini Patut Dicoba Mahasiswa di perpustakaan. (Foto: Pixabay/StockSnap)

BANYAK orang merasa sangat boros. Kondisi keuangan sangat tipis bahkan tak ada sebelum mendapat pemasukan kembali tentu sangat membuat pikiran pusing.

Ada banyak cara untuk berhemat. Salah satunya belajar bagaimana mahasiswa menghemat di tengah keterbatasan finansial yang dikirim orang tua. Jadi, tak semua mahasiswa berlaku boros atau hanya hura-hura, ya.

Bagi mahasiswa, kamu akan dihadapkan dengan masalah finansial, apalagi kalau kamu belum punya penghasilan sendiri dan berstatus anak kost. Satu-satunya cara yaitu menjadi lebih cermat dan mandiri.

Berikut merahputih.com sajikan cara cermat hemat uang ala anak kuliahan, seperti dilansir iStyle;


1. Belanja di Pasar Tradisional

Pasar. (Foto: Pixabay/Fotoworkshop4You)
Pasar tradisional. (Foto: Pixabay/Fotoworkshop4You)

Harga produk yang ada di pasar tradisional jelas lebih murah dibandingkan dengan supermarket. Di sini kamu boleh menawar barang-barang kebutuhan yang ingin kamu beli.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berbelanja. Selain mendapatkan produk yang masih segar, pilihan produk juga lebih banyak, harganya juga cenderung lebih murah karena penjual memberikan harga buka dasar yang sangat murah.


2. Masak Sendiri

Masak sendiri lebih hemat dibanding beli di warung nasi. (Foto: Pixabay/olafBroeker / 6 foto
Masak sendiri lebih hemat dibanding beli di warung nasi. (Foto: Pixabay/olafBroeker)

Masak sendiri adalah pilihan yang paling hemat untuk anak kuliahan yang berstatus anak kos. Kamu bisa memasak nasi sendiri dan membeli lauknya di warteg, kalau tidak mau repot.

Kalau ingin usaha sedikit, kamu juga bisa memanfaatkan dapur kos untuk memasak masakan sederhana dan sehat. Kamu juga bisa bawa bekal makanan dari rumah untuk bekal di kampus.

Alternatif lain biar hemat, pastikan kamu sudah mengisi perut sebelum pergi hang out bareng teman-teman.


3. Jual Barang-barang Lama

Lemari pakaian. (Foto: Pixabay/Pexels)
Lemari pakaian. (Foto: Pixabay/Pexels)

Adakah barang-barang yang sudah tidak terpakai? Jika iya, saatnya untuk menjual barang-barang tidak terpakai itu daripada hanya memenuhi ruangan di kamar kos kamu.

Kamu bisa menjualnya lewat online atau ke toko perabotan bekas. Dengan begini, kamu tidak hanya dapat uang tambahan dari hasil penjualan tapi kamu juga bisa membuat kamarmu lebih lega dan rapi.


4. Cari Kerja Sampingan

Kerja sampingan tanpa menggangu aktivitas utama sangat jadi pilihan. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan / 3487 foto
Kerja sampingan tanpa menggangu aktivitas utama sangat jadi pilihan. (Foto: PExels/Kaboompics.com)

Di era digital ini ada banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk kerja secara online. Jadi manfaatkan waktu senggangmu untuk mencari uang tambahan. Misalnya kamu bisa menjadi tenaga lepas di agensi kreatif, penulis, atau kontributor lepas di majalah.


5. Menabung

Kamu harus menyisihkan uang untuk hari ke depan. (Foto: Pixabay/QuinceMedia)
Kamu harus menyisihkan uang untuk hari ke depan. (Foto: Pixabay/QuinceMedia)

Jika telah berhasil mencari uang tambahan sendiri, pastikan kamu sudah menyisihkan uangmu di tabungan. Menabung itu penting sekali dan manfaatnya akan terasa di kemudian hari. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sebelum Habis Tahun, Ini Tren Warna Rambut Colorful 2018

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH