Wisata Indonesia

Teras Cihampelas, Kota Bandung Berbenah Kembali

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 13 Oktober 2022
Teras Cihampelas, Kota Bandung Berbenah Kembali
Kota Bandung dikenal dengan destinasi yng beragam. (Unsplash/zulfikar arifuzzaki)

SAYANG destinasi wisata Teras Cihampelas telah lama sepi. Untuk itu Pemerintah Kota (pemkot) Bandung akan menata kembali pedestrian yang membentang di atas Jalan Cihampelas. Beberapa fasilitas akan diperbaiki, mulai dari penataan untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga perbaikan toilet.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan beberapa progres dari reaktivitas Teras Cihampelas pada masing-masing sektor.

Baca Juga:

Kontroversi Hari Jadi Kota Bandung

makan
Teras Cihampelas yang dibenahi oleh pemkot Bandung. (Humas Bandung)

"Saat ini sudah diinventarisasi betul oleh Satgasus PKL yakni Kadiskopukm. Sudah ada kepastian jumlah PKL yang akan menempati tempat yang sudah kita sediakan secara optimal ini," jelas Ema.

Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membenahi Teras Cihampelas tampak dari berbagai perkembangan. Di antaranya dari jumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga toilet di Teras Cihampelas.

Ia memaparkan, sektor yang telah menunjukkan progres adalah PDAM. Perusahaan daerah ini telah memfungsikan kembali toilet atau saluran air bersih di Teras Cihampelas yang sempat terkendala.

"Ini juga salah satu keluhan PKL yang telah kami urai bersama. Permasalahan air bersih dan toilet di Teras Cihampelas sudah ditangani PDAM," ucapnya.

Selain itu, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung juga sudah memberikan penguatan untuk penerangan.

"Ini upaya kita untuk mereduksi ancaman keamanan di malam hari. Sehingga di sana tetap layak dan aman dikunjungi," ungkapnya.

Pada sektor lain, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung telah membenahi kembali glass block.

"Glass block kita persempit, sehingga lahan untuk tempat duduk pengunjung semakin banyak," jelasnya.

Tak hanya itu, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) juga telah membenahi aspek taman. Sehingga bisa menambah daya tarik dan keindahan di Teras Cihampelas.

"Bappelitbang juga sudah mengelola CSR bersama PT. Mayora. Kolaborasi kita sudah selesai untuk menutupi kanopi sesuai dengan desain yang ada," tuturnya.

Baca Juga:

Kenikmatan Lotek Alkateri Bandung Bertahan Dua Generasi

bandung
Lebih memperhatikan PKL yang ada di Cihampelas. (Unsplash/kartika paramita)

"Ini bentuk kita mewujudkan keinginan PKL di sana agar tidak kepanasan dan kehujanan," ungkap Ema.

Sementara Dinas Koperasi dan UKM (Diskopukm) menyediakan gerobak dan lahan untuk para pedagang berjualan di sana dengan lebih layak.

Ema mengimbau, jika Teras Cihampelas ini sudah diresmikan ulang, kegiatan-kegiatan diskusi atau sosialisasi di lingkup OPD bisa dilakukan di sana.

"Karena bagaimanapun juga kehidupan mereka ada bagian keterkaitan dengan kita. Jadi, nanti kegiatan-kegiatan diskusi OPD mungkin bisa dilaksanakan di Teras Cihampelas, bukan di hotel terus," imbaunya.

Namun, tentu perlu menyesuaikan dengan kondisis cuaca dan kapasitas peserta diskusi agar tetap kondusif. Ema berharap, dengan upaya tersebut bisa menghidupkan ekonomi para pelaku usaha di sana.

"Makan dan minum beli di sana. Sehingga nanti akan hidup. Ini bisa menumbuhkan kepercayaan para PKL yang selama ini merasa diabaikan," ungkapnya.

Ia memprediksi, jika hal ini dilakukan rutin dalam kurun satu tahun, akan ada pergerakan ekonomi ke arah positif dan pro untuk memberikan dukungan kepada para pengusaha mikro.

"Kalau Teras Cihampelas sudah selesai, kita juga menunggu upaya dari beberapa pihak kewilayahan untuk membenahi PKL dan pasar tumpah yang masih memadati Kota Bandung sampai saat ini," katanya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Museum Sri Baduga, Wisata Edukasi Sejarah dan Budaya Sunda

#Travel #Traveling #Wisata #Bandung #Wisata Bandung
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan