Terapkan Cara Ini agar Kulkas Lebih Awet

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Sabtu, 13 Agustus 2022
Terapkan Cara Ini agar Kulkas Lebih Awet
Kita bergantung pada kulkas untuk menunjang rutinitas harian. (Pexels/Max Vakhtbovych)

KULKAS adalah benda elektronik di rumah yang sering dibuka dan ditutup beberapa kali dalam sehari. Sebab, kulkas mempunyai fungsi langsung sebagai penunjang rutinitas harian manusia. Dari menyimpan sayur dan buah, mengawetkan lauk, sampai mendinginkan minuman. Tanpa disadari, kulkas telah menjadi bagian penting rutinitas harian manusia.

Sayangnya, tidak semua orang merawat dan memperhatikan kondisi kulkas mereka. Padahal kulkas memiliki harga yang relatif tidak murah. Melansir Realsimple, merawat kulkas sebenarnya tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Ada 5 tahap mudah dalam menjaga kondisi kulkas supaya tetap tepat guna dan lebih tahan lama.

kulkas tetap awet
Kamu bisa membersihkannya dua kali setahun dengan baking soda serta air menggunakan sikat gigi. (Pexels/Charlotte May)

1. Cek bagian segel pintu


Segel pintu kulkas yang longgar dapat membuat udara dingin dalam kulkas keluar. Ini membuat energi justru terbuang percuma. Kulkas pun jadi bekerja lebih keras. Nah, cara mencegah ini adalah dengan memastikan bagian segel bersih dari sisa-sisa makanan supaya tidak mudah rusak.

Kamu bisa membersihkannya dua kali setahun dengan baking soda serta air menggunakan sikat gigi. Jika sudah, kamu bisa mengetesnya dengan menjepit selembar kertas di pintunya. Jika kertas itu jatuh, berarti segel pintumu masih longgar.

Baca juga:

Kulkas Mini Xbox Series X


2. Tetap isi kulkas


Kulkas butuh makanan untuk didinginkan, atau biasa disebut ‘thermal mass’, supaya mesinnya bisa bekerja optimal dengan energi yang sedikit. Jadi, tetap isi kulkasmu dengan beberapa makanan dan minuman meskipun kamu jarang memasak. Jika memang tak ada makanan, kamu bisa menggantinya dengan beberapa gelas air.

kulkas awet
Tetap isi kulkas dengan makanan dan minuman supaya kerja kulkas tidak berat. (Pexels/Polina Tankilevitch)

3. Atur agar suhunya pas


Mengatur kulkas di suhu yang kurang tepat bisa membuat mesinnya bekerja terlalu lama atau singkat. Atur saja kulkasnya di suhu 3 sampai 4 derajat celcius. Jika untuk bagian freezer, kamu bisa mengaturnya di suhu nol derajat celcius.

Baca juga:

Jangan Simpan Ubi di Kulkas


4. Pastikan bagian belakang kulkas bersih


Ketika bagian dari belakang kulkas, terutama bagian kumparannya, dipenuhi debu dan kotoran, kulkas tidak akan bisa bekerja secara efektif. Sesekali, cobalah bersihkan bagian belakangnya setelah mencabut kulkas dari stopkontak. Jika kamu merasa ragu membersihkan sendirinya, kamu bisa meminta bantuan orang lain.

kulkas awet
Jangan sering membuka kulkas saat mati listrik. (Pexels/Cottonbro)

5. Hindari membuka kulkas saat mati listrik


Ketika mati listrik, kulkas jadi kehilangan energinya. Oleh sebab itu, jangan terlalu sering membuka dan menutup kulkas karena akan membuat hawa dingin jadi cepat habis. Jika tidak terpaksa, tutup terus pintunya dan lebih baik konsumsi makanan lain. Kulkas yang tidak dibuka sama sekali bisa membuat makanan aman selama 4 jam. (mcl)

Baca juga:

Apakah Produk Skin Care Harus Disimpan di Kulkas?

#Benda Elektronik #Dapur
Bagikan
Bagikan