Kesehatan
Terapi Vericiguat untuk Pasien Gagal Jantung yang Sudah Dirawat Berulang Kali Terapi untuk pasien yang kerap mengalami masalah jantung. (Foto: Pexels/Pixabay)

PADA Kongres ESC 2021 yang digelar pada Rabu (1/9) di Berlin, European Society of Cardiology (ESC) mempresentasikan Pedoman terbaru terkait Gagal Jantung Akut dan Kronis untuk pertama kalinya.

Dalam presentasi yang ditampilkan, mereka juga menerangkan kondisi perburukan gagal jantung, dimana selanjutnya, Vericiguat direkomendasikan untuk terapi gagal jantung pada populasi pasien yang berisiko mengalami peningkatan gejala dan telah dirawat berulangkali di rumah sakit.

Baca Juga:

Tak Perlu Dehumidifier untuk Mengurangi Kelembapan dalam Rumah

jantung
Penelitian terbaru European Society of Cardiology (ESC) tentang Gagal Jantung Akut. (Foto: Pexels/Alexandra Haddad)

Pedoman tersebut menyatakan bahwa pengobatan dengan Vericiguat dapat dipertimbangkan terhadap pasien dengan NYHA Kelas II-IV yang telah mengalami perburukan gagal jantung meskipun telah diobati dengan angiotensin-converting enzyme (ACE) 1 inhibitor (atau angiotensin receptor neprilysin inhibitor (ARNI)), beta-bloker dan mineralocorticoid receptor antagonist (MRA) untuk mengurangi risiko kematian kardiovaskular atau rawat inap terkait gagal jantung.

"Pengakuan formal dari perburukan gagal jantung dan dimasukkannya terapi ini dalam pedoman penting ini, menandai titik balik pengobatan bagi populasi pasien yang sangat membutuhkan suatu hasil pengobatan yang lebih baik," kata Profesor Piotr Ponikowski, Director of the Institute for Heart Diseases, Wroclaw Medical University.

Pada gagal jantung, kronis bukan berarti stabil. Gejala dapat meningkat ke titik di mana pasien mengalami kejadian perburukan gagal jantung, yang berarti harus rawat inap atau membutuhkan diuretik intravena rawat jalan. Menurut Ponikowski sekitar 56% pasien akan kembali ke rumah sakit dalam waktu 30 hari setelah kejadian tersebut, dengan peningkatan risiko kematian kardiovaskular.

"Inilah mengapa pendekatan kami untuk mengelola gagal jantung harus berubah karena kami bekerja untuk mematahkan mata rantai perkembangan penyakit yang dialami oleh banyak orang," tuturnya.

Baca Juga:

Merasa Kesepian Setelah Bermain Media Sosial? Ini Kata Psikolog

jantung
Sangat penting untuk mengidentifikasi tahapan riwayat pasien gagal jantung. (Foto: Pexels/Pixabay)

Perburukan gagal jantung juga telah diakui dalam Definisi Universal dan Klasifikasi Gagal Jantung tahun 2021, sebuah pernyataan konsensus yang ditulis oleh Heart Failure Society of America, the Heart Failure Association of the European Society of Cardiology, the Japanese Heart Failure Society and the Writing Committee of the Universal Definition of Heart Failure.

Dalam pernyataan tersebut tercatat bahwa sangat penting untuk mengidentifikasi tahapan riwayat pasien gagal jantung, serta mengenali riwayat klinis pasien (membaik versus terhenti, atau persisten versus memburuk), untuk pengobatan yang optimal, strategi mitigasi risiko residual dan diskusi yang berpusat pada pasien.

Pada bulan April tahun ini, Vericiguat yang dipasarkan dan dimasukkan dalam pedoman gagal jantung Canadian Cardiovascular Society sebagai pengobatan yang direkomendasikan untuk pasien dengan gejala perburukan gagal jantung dan rawat inap gagal jantung dalam enam bulan terakhir.

Sampai saat ini Vericiguat telah disetujui oleh U.S. Food and Drug Administration (FDA), European Medicines Agency (EMA) dan Ministry of Health, Labour and Welfare (MHLW) di Jepang di antara badan regulator lainnya di seluruh dunia. (avia)

Baca Juga:

Pentingnya Edukasi dan Kesadaran Tentang Anak Penyintas Diabetes

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tampil Pertama Kali di Singapura, Mikha Angelo Lakukan Live Looping
ShowBiz
Tampil Pertama Kali di Singapura, Mikha Angelo Lakukan Live Looping

Mikha tampil sendiri dengan gitar elektrik, drum pad elektrik, dan keyboard.

Jarang Disadari, Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Pasangan
Fun
Jarang Disadari, Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Pasangan

Jarang disadari, ini tanda kamu terlalu bergantung pada pasangan

Arena of Valor juga Dipertandingkan di Asian Games 2022
Fun
Arena of Valor juga Dipertandingkan di Asian Games 2022

Arena of Valor di Asian Games 2022 menghadirkan hero populer dari masing-masing wilayah.

Apa Moda Transportasi Paling Aman untuk Liburan Akhir Tahun?
Fun
Apa Moda Transportasi Paling Aman untuk Liburan Akhir Tahun?

Pesawat, kereta, atau kendaraan pribadi?

Dominasi Srikandi Indonesia di Jagobrew
Fun
Dominasi Srikandi Indonesia di Jagobrew

Barista perempuan tembus babak final Jagobrew di Jacoweek 2021.

Resep Kukis Labu untuk Meriahkan Halloween
Fun
Resep Kukis Labu untuk Meriahkan Halloween

Resep kukis labu yang cocok disajikan untuk merayakan Halloween.

Sering Parkir Mobil di Bawah Sinar Matahari, Ini Efeknya
Hiburan & Gaya Hidup
Sering Parkir Mobil di Bawah Sinar Matahari, Ini Efeknya

Sering parkir mobil di bawah sinar matahari bisa merusak lapisan cat eksterior dan interior. Hal itu dikarenakan sinar matahari punya kandungan ultraviolet.

Petisi Hilangkan Amber Heard dari 'Aquaman 2' Capai 2,6 Juta Tanda Tangan
ShowBiz
Zendaya Ungkap Akhir Kisah Rue pada 'Euphoria' Season 2
ShowBiz
Zendaya Ungkap Akhir Kisah Rue pada 'Euphoria' Season 2

Selama penghentian syuting tersebut, skrip cerita berkembang.

Manjakan Konsumen dengan Cara yang Tepat
Fun
Manjakan Konsumen dengan Cara yang Tepat

perlu rasanya membuat layanan yang bisa memanjakan konsumen.