Terancam Tak Lolos ke Senayan, PSI: Kami Keluar dengan Kepala Tegak Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie. Merahputih.com/Rizki Fitrianto.

MerahPutih.Com - Hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei terkait partai politik yang bakal lolos ke Senayan tidak menyertakan partai milenial, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam daftarnya. Partai besutan Grace Natalie itu terancam gagal memenuhi parliamentary threshold yakni sebesar empat persen.

Menurut quick count, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendapat 2 persen. Dengan perolehan itu PSI tidak akan berada di Senayan lima tahun ke depan.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum PSI Grace Natalie mengaku bisa menerimanya dan tak menyalahkan siapa-siapa.

"Kami tak akan menyalahkan siapa-siapa. Kader kami, pengurus PSI, Caleg kami, telah bekerja keras siang dan malam meyakinkan rakyat. Tapi inilah keputusan rakyat melalui mekanasime demokrasi yang harus kami terima dan hormati," kata Grace dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (17/4).

Ketua Umum PSI Grace Natalie
Ketua Umum PSI Grace Natalie menyampaikan pidato dihadapan kader PSI di Yogyakarta (MP/Fadhli)

Grace Natalie menegaskan, tidak ada penyesalan bagi partainya.

"Sama sekali tidak ada penyesalan atas setiap tetes keringat dan airmata yang jatuh selama membangun partai ini. Kami, anak-anak muda PSI telah terlibat dalam sebuah perjuangan yang bagi kami sangat luar biasa," jelas dia.

Grace justru berterima kasih karena di tengah apatisme politik, PSI berhasil membuktikan bahwa orang mau berkontribusi: menyumbang uang, membantu mencetak alat peraga kampanye, menyumbang tenaga, pikiran, bahkan meninggalkan pekerjaan mereka demi berjuang bersama PSI.

Ia meminta kawan-kawan pengurus dan caleg tidak putus asa -- dan tetap menjaga suara mereka.

"Meskipun kandas melewati parliamentary threshold di level nasional, tapi saya yakin bahwa akan banyak kawan-kawan yang berpeluang mendapatkan kursi di DPRD provinsi dan kabupaten kota. Ini adalah modal politik yang harus kita rawat," terang Grace.

Perlu dicatat, perolehan PSI 2% atau sekitar 3 juta suara. Ini adalah suara rakyat yang harus diperhitungkan.

"Meskipun PSI tidak masuk parlemen suara kalian akan tetap kami perjuangkan. Kami akan bekerjasama dengan civil society dan teman-teman media -- untuk memperjuangkan aspirasi kalian," pungkasnya.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH