Tepis Rasa Kantuk Seusai Santap Sahur dengan Langkah Jitu Ini Tips jitu untuk mencegah kantuk usai santap sahur (foto: pixabay/free-photos)

DI BULAN Ramadan seluruh umat Muslim di dunia menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Disaat itu juga, setiap harinya harus bangun tidur lebih awal dari biasanya untuk makan sahur.

Tetapi rasa kantuk kerap menyerang kamu usai santap sahur selesai. Padahal langsung tidur usai sahur sangat berbahaya bagi kesehatan.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, langsung tidur setelah sahur bisa menyebabkan asam lambung, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), dan juga rentan terkena stroke.

Selain itu untuk kamu yang memiliki rutinintas di pagi hari seperti berangkat kerja jam 5 atau jam 6 pagi, tidur setelah sahur tentu sangat mengganggu.

Karena besar kemungkinan kamu akan kebablasan untuk tak beraktifitas, atau rasa malas yang datang melanda lantaran waktu istirahat yang kurang puas.

Tapi kamu tak perlu khawatir akan hal itu, karea seperti yang dilansir dari laman Go Dok, ada beberapa cara untuk mencegah rasa kantuk usai sahur yang sangat jitu.

1. Cuci Muka Sebelum Sahur

Sempatkan cuci muka sebelum sahur untuk cegah kantuk (Foto: pixabay/ryanmcguire)

Cara pertama untuk mencegah kantuk usai sahur yakni dengan mencuci muka sebelum sahur. Mungkin jika kamu telah bangun sahur dan waktu imsak sudah sangat mepet, kamu cendrung malas untuk mencuci muka sebelum kamu makan sahur.

Justru yang ada kamu malah langsung mengejar waktu dengan makan sahur dengan cepat. Padahal cuci muka sangat penting loh guys, guna menghindari kantu usai makan sahur. Karena dengan cuci muka membuat mata kamu dan wajah kamu lebih segar.

2. Makan Secukupnya

Makan sahur secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan (Foto: pixabay/free-photos)

Salah satu cara untuk mencegah kantuk lainnya ialah makan secukupnya. Jangan berpikir selama 12 jam tak ada makananan apapun yang masuk ke dalam perut, lantas kamu makan lebih banyak dari biasanya.

Padahal hal itu justru akan membuatmu kekenyangan dan cepat merasa ngantuk. Sebaiknya makan dalam porsi yang sewajarnya saja guys, dan berhentilah sebelum kamu benar-benark kenyang. Hal itu akan membuat kamu tetap merasa segar usai sahur.

3. Konsumsi Sedikit Makanan Pedas

Cegah kantuk dengan mengonsumsi sedikit makanan pedas tapi jangan berlebihan (Foto: pixabay/rosalinda222)

Cara yang ketiga untuk mencegah kantuk usai sahur ialah dengan mengonsumsi sedikit makanan pedas. Karena makanan pedas sangat berguna untuk membuat kamu tetap terjaga disaat sahur dan setelahnya.

Hal itu lantaran cabai memiliki khasiat memperlancar sirkulasi darah, yang bisa membuat kamu tetap terjaga. Tapi perlu diingat juga, jika makanan pedas bisa mengganggu kesehatan kamu selama berpuasa jika dikonsumsi berlebihan.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih sangat efektif untuk mencegah kantuk (Foto: pixabay/congerdesign)

Dengan meminum air putih segelas sangat efektif untuk mencegah kantuk. Hal itu lantaran air putih bisa menghidrasi tubuh dan mencukupkan kebutuhan air.

Baca juga: Di Balik Segarnya Cincau, Tersimpan 5 Manfaat Mengejutkan

Karena itu, rasa kantuk pun dapat mereda sesaat usai mengonsumsi air putih. Selain itu, rasa segar yang dihasilkan pada tubuh kamu juga bisa membantu kamu agar selalu terjaga. Untuk itu, mengonsumsi banyak air putih sangat efektif untuk mencegah rasa kantuk.

Nah itu dia guys beberapa cara jitu untuk menghilangkan rasa kantuk setelah makan sahur. Semoga bermanfaat yah. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH