Teori Konspirasi Terbesar Legenda 'Rock & Roll', dari Kurt Cobain hingga Elvis Presley Teori konspirasi tentang kematian para legenda rock dunia (Foto: clicrbs.com)

KETIKA seorang legenda rock wafat karena satu dan lain hal, apalagi mereka yang berhasil mengguncang dunia dengan karya-karya mereka, sudah menjadi hal umum munculnya teori konspirasi seputar kematian yang bermunculan dari para idola maupun pengamat.

Tak jarang teori-teori tersebut membuat banyak orang terheran tetang keberan yang terjadi, bahkan tak sedikit yang percaya akan berbagai teori konspirasi yang bermunculan.

Vokalis band rock terbesar di awal 90an misalnya, Kurt Cobain dari band Nirvana, yang ditemukan mengakhiri nyawanya sendiri 5 April 1994 silam di kediamannya. Sebuah pistol dan surat ditemukan di TKP, dalam surat tersebut Cobain menulis "The fact is I can't fool you. The worst crime I can think of would be to rip people off by faking it."

Sebagai seorang bintang yang kini telah dianggap sebagai legenda musik, teori konspirasi tentang kematian pun banyak bermunculan.

1. Kurt Cobain Masih Hidup dan Tinggal di Perancis

Teori konspirasi teranyar yang muncul ke permukaan adalah Kurt Cobain masih hidup dan tinggal di Nice, Selatan Perancis.

Seorang penggemar mengunggah foto orang yang mirip dengan Cobain ke Twitter, ia meyakini bahwa itu adalah vokalis Nirvana.

Pria misterius itu memiliki rambut pirang sebahu dan janggut, mirip sekali dengan Kurt Cobain. Orang dalam foto mengenakan kacamata hitam berbingkai bulat yang juga sering digunakan oleh legenda rock & roll itu.

2. Pesan Kematian Kurt Cobain Telah Dipalsukan

Teori Konspirasi Terbesar Legenda Rock & Roll, dari Kurt Cobain hingga Elvis Presley
Pesan terakhir Kurt Cobain (Foto: kurtcobainssuicidenote.com)

Surat yang ditinggalkan oleh suami dari Courtney Love tersebut penuh dengan pertanyaan, dan menimbulkan teori-teori konspirasi dari banyak pihak. Tulisan tangan Cobain menjadi hal utama yang membuat orang bingung, karena dikatakan itu berubah menjelang akhir surat.

Satu teori mengatakan bahwa Cobain mulai menulisnya dengan tangan kiri dan menyelesaikannya dengan tangan kanan, sementara teori lain megatakan bahwa ia mulai menulis pesan yang tulus kepada istrinya, tetapi berubah pikiran ditengah penulisannya.

Teori bahkan mengatakan bahwa Cobain memulai surat itu, kemudian orang lain yang menyelesaikan surat setelah membunuhnya agar kematiannya terlihat seperti bunuh diri.

3. Pembunuh Kurt Cobain Menutupi Kejahatan dengan Heroin

Teori Konspirasi Terbesar Legenda Rock & Roll, dari Kurt Cobain hingga Elvis Presley
Kurt Cobain dan Keluarga (Foto: lifedaily.com)

Otopsi dilakukan setelah kematian pada tubuh Kurt Cobain, dikatakan dalam tubuhnya ditemukan dosis tinggi dari heroin.

Seorang penyelidik swasta mengatakan pada 2012 bahwa tidak mungkin Cobain dapat menyuntikkan dirinya sendiri dengan dosis obat mematikan tiga kali lipat, menurunkan lengan bajunya, membersihkannya, lalu mengambil pistol dan mengahiri hidupnya. Dia akan langsung lumpuh setelah melakukannya, tambah sang penyelidik.

Keterangan itu membuat beberapa orang percaya bahwa Kurt Cobain meninggal karena overdosis dan ditembak oleh orang lain setelahnya, atau orang lain menyuntiknya dengan obat.

4. Kurt Cobain Telah Merencanakan Kematiannya

Teori Konspirasi Terbesar Legenda Rock & Roll, dari Kurt Cobain hingga Elvis Presley
Kurt Cobain tampil bersama Nirvana (Foto: npr.org)

Satu teori konspirasi menyatakan bahwa Kurt Cobain memalsukan kematiannya karena ia benci menjadi terkenal. Seorang penggemar memberikan apa yang ia percaya bahwa Cobain masih hidup, karena mayat yang ditemukan di kediamannya belum pernah dibuktikan itu benar-benar sang vokalis dari band Nirvana.

Mereka yang percaya teori tersebut mengatakan bahwa hanya ada satu foto dari tubuh Cobain, tidak ada sidik jari pada senjata, dan media dilarang untuk menghadiri pemakamannya. Apa bukti untuk teori konspirasi ini? Mereka pun percaya jawaban untuk itu terdapat pada nama Kurt Cobain, Courtney Love, dan anaknya Francis Bean Cobain.

Dalam sebuah unggahan di Reddit mereka menuliskan ketiga nama tersebut dengan beberapa huruf yang ditulis kapital. Jika tulisan berhuruf kapital tersebut disatukan akan terbaca "KURT IS ALIVE."

5. Kurt Cobain Diculik Alien

Teori Konspirasi Terbesar Legenda Rock & Roll, dari Kurt Cobain hingga Elvis Presley
Kurt Cobain mengenakan baju bergambar alien (Foto: idolator.com)

Teori konspirasi yang paling liar garis miring aneh yakni ketika dikatakan bahwa Kurt Cobain diculik oleh Alien. Mereka yang membuat teori ini percaya bahwa Cobain memiliki penggemar dari luar bumi dan tidak terima sang idola hanya untuk di bumi.

Seorang perempuan di Seattle, Terra Prime, mengaku sering mengunjungi planet lain lalu bertemu dan berbincang dengan Cobain di sana. Ia mengatakan,"para alien mengijinkan Cobain untuk pulang ke Seattle dari waktu ke waktu, untuk memberinya inspirasi dalam menulis lagu."

Cobain berkata padanya bahwa faksi alien lain juga menculik Elvis Presley, keduanya telah saling berbicara bahkan manggung bareng.

6. Elvis Presley Memalsukan Kematiannya

Teori Konspirasi Terbesar Legenda Rock & Roll, dari Kurt Cobain hingga Elvis Presley
Elvis Presley sebelum meninggal di tahun 1977 (Foto: Independent.co.uk)

Sebuah teori konspirasi aneh mengklaim bahwa Elvis Presley memalsukan kematiannya sendiri untuk berpartisipasi dalam operasi rahasia FBI. Melansir Dialy Star, Elvis Presley khawatir akan nyawanya setelah berusaha menjatuhkan organisasi kriminal bernama The Fraternity.

Elvis Presley tewas di kamar mandi rumahnya pada 16 Agustus 1977, meskipun penggemar legenda rock and roll telah lama percaya bahwa dia masih hidup.

Film dokumenter yang mengeksplorasi teori tersebut baru-baru ini muncul kembali di YouTube, dengan pembawa acara Bill Bixby mengklaim memiliki dokumen FBI yang berkaitan dengan Operation Fountain Pen. Penyelidik FBI dikatakan telah mendaftarkan Elvis dalam pertempuran melawan sindikat kejahatan mematikan.

Film dokumenter lain, The Elvis Files, yang difilmkan pada tahun 1990, juga menampilkan seorang pria bernama Luc Dionne, yang mengklaim telah bekerja untuk pemerintah Kanada.

Dionne mengklaim dokumen-dokumen antara tahun 1976 hingga 1982, berisi tulisan tangan dari Elvis Presley. Ia pun percaya bahwa Elvis Presley meneruskan keterlibatannya dalam operasi tersebut beberapa tahun setelah kabar kematiannya.

Orang lain yang menguatkan teori konspirasi ini adalah ahli tulisan tangan, Paul Weast. Melansir Mirror Weast Mengatakan, "Tulisan tangan ini dibandingkan dengan tulisan tangan yang dikenal dari Elvis Presley sangat cocok, sangat mirip." (ADP)

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH