Sidang Isbat 1 Ramadan Nanti Sore Tertutup, Hasilnya Diumumkan Habis Magrib

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 23 April 2020
Sidang Isbat 1 Ramadan Nanti Sore Tertutup, Hasilnya Diumumkan Habis Magrib
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi. (Antaranews)

MerahPutih.com - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadan 1441 Hijriah pada Kamis (23/4) sore.

Sidang isbat kali ini bakal berbeda, karena dilakukan melalui virtual meeting atau online, mengingat masih diberlakukannya kebijakan PSBB dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

Baca Juga

Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan Digelar 23 April

"Insyaallah hari ini, Kamis 23 April 2020 jam 17.00 WIB bertempat di Kantor Kemenag Jalan Thamrin akan diselenggarakan sidang isbat untuk menentukan posisi awal bulan Ramadhan 1441 H," kata Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangannya, Kamis (23/4).

Menurut Zainut hanya sebagian peserta yang dihadirkan ke kantor. Tatap muka secara langsung dilakukan oleh perwakilan MUI, DPR, Menteri Agama Fachrul Razi, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam.

Wamen Agama Zainut Tauhid miliki harta sekitar 14 miliar
Wamen Agama Zainut Tauhid Saadi (Merahputih.com / Derry Ridwansah)

Zainut mengatakan untuk pejabat eselon I dan II yang diundang hanya dari Ditjen Bimas Islam. Selebihnya akan mengikuti melalui saluran komunikasi dalam jaringan (daring) yang akan disiapkan oleh Kementerian Agama.

"Untuk sidang isbat dilakukan secara tertutup dan hanya diikuti oleh pimpinan ormas Islam dan undangan lain yang ditetapkan oleh Kemenag," ujarnya.

Baca Juga

82 Titik Pemantauan Hilal Ramadan 144 Hijriah

Hasil sidang isbat Ramadan 1441 H akan diumumkan oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Publik dapat mengikuti melalui televisi maupun live streaming website terkait penetapan awal Ramadhan.

"Setelah Magrib, pengumuman hasil sidang isbat dilakukan secara langsung melalui media TV Nasional dan jaringan media sosial lainnya," tutup Zainut. (Pon)

#Sidang Isbat #Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan