Game

Tencent dan Sony Beli Saham FromSoftware

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 06 September 2022
Tencent dan Sony Beli Saham FromSoftware
Diborong hingga 30 persen oleh Sony dan Tencent (Foto Shacknews)

FROMSOFTWARE akhirnya diincar oleh dua perusahaan besar yakni Sony dan Tencent untuk mendapatkan untung sepenuhnya. Hingga saat ini, kedua perusahaan tersebut sudah mengambil 30 persen dari total saham FromSoftware dengan keuntungan besar hingga Rp 3.8 triliun.

Dikutip laman Kotaku, induk perusahaan FromSoftware yakni Kadokawa telah mengumumkan pembagian sahamnya pada September 2022. Kedua perusahaan tersebut berhasil mendominasi saham FromSoftware yakni Sony dengan total 14,09 persen dan Tencent dengan total 16,25 persen.

Baca Juga:

Terjun ke Pasar Mobile Gaming, Sony Akuisisi Savage Game Studios

Pemborongan lot saham tersebut akan digunakan untuk memperkuat kapabilitas dari penggarapan dan kreativitas di beberapa IP yang akan dirilis oleh FromSoftware. Kedua perusahaan tersebut memang menjadi prioritas besar bagi Kadokawa dalam pasar globalnya di dalam industri video game.

Tapi upaya Tencent dan Sony untuk mendapatkan hati FromSoftware memang telah dilakukan sejak 13 tahun yang lalu. Pada 2009 lalu, Sony sempat berkolaborasi dengan FromSoftware demi merilis Demon's Souls, game pertama FromSoftware yang berhasil membuat genre SoulsBorne menjadi terkenal di masanya.

Baca Juga:

Toge Productions Akuisisi Tahoe Games

Jauh setelah Demon's Souls, masih banyak beberapa game yang sudah dirilis di PlayStation 3 hingga PlayStation 5. Di antaranya trilogi Dark Souls, Sekiro: Shadow's Die Twice, remake Demon's Souls yang rilis secara eksklusif di PlayStation 5, serta terakhir adalah Elden Ring. Menariknya Elden Ring memiliki tingkat laris manis lebih tinggi dibandingkan Call of Duty yang sudah dibangun Activision Blizzard selama bertahun-tahun.

Tencent di lain hal adalah perusahaan Tiongkok yang sempat memborong beberapa perusahaan besar demi merilis game berbasis mobile di negaranya dan secara global. Tencent memiliki lima persen saham Ubisoft, akuisisi penuh dari Riot Games, serta 40 persen saham Epic Games.

Selain itu, ada beberapa perusahaan yang tengah mereka incar diketahui merilis game premier dan marak hingga saat ini, salah satunya adalah Supercell yang dikenal dengan game Clash of Clans. Modal yang besar untuk FromSoftware ini bisa menjadi sebuah jalan tol untuk menggarap proyek terbarunya. Termasuk DLC untuk Elden Ring, serta beberapa proyek lainnya yang lebih menarik. Itu termasuk Armored Core yang akan dibangkitkan kembali setelah lama tak hadir sejak perilisan terakhirnya di PlayStation 3. (dnz)

Baca Juga:

PUBG Mobile Resmi Dipertandingkan di Asian Games 2022

#Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan