Tenaga Kesehatan Diharap Ikut Tes Swab Gratis yang Digelar Pemerintah Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/am.

Merahputih.com - Pemerintah menyediakan swab test atau tes usap gratis untuk para tenaga kesehatan. Diharap, para tenaga kesehatan untuk mengikuti tes ini.

Tes usap gratis bagi tenaga kesehatan ini telah dilakukan mulai Selasa (22/9) dan diawali di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Baca Juga

Ditunggu Penilaian Badan POM Pada Vaksin COVID-19 Bandung

Tes usap gratis untuk para tenaga kesehatan ini akan dilakukan di provinsi lainnya, khususnya yang masuk zona merah atau risiko tinggi penularan COVID-19.

"Oleh karena itu kami mendorong kepada tenaga kesehatan dalam penanganan ini untuk ikut serta dalam program ini," ujar Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, Selasa (22/9).

"Sehingga betul-betul dapat mendeteksi lebih dini dan mencegah potensi penyebaran lebih lanjut kepada tenaga kesehatan dan yang lainnya," sambung dia.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam diskusi di Graha BNPB, Jakarta pada Jumat (4/9/2020). (ANTARA/Prisca Triferna)
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam diskusi di Graha BNPB, Jakarta pada Jumat (4/9/2020). (ANTARA/Prisca Triferna)

Saat ini rumah sakit menjadi klaster penularan terbanyak yang menyumbangkan angka kasus COVID-19. Di DKI Jakarta saja setidaknya ada 24.000 pasien COVID-19 yang berasal dari klaster rumah sakit.

Oleh karena itu, tes usap secara berkala bagi seluruh tenaga kesehatan sangat penting. Adapun data pemerintah memperlihatkan bahwa penularan virus corona masih terjadi di masyarakat hingga hari ini, Selasa (22/9).

Bahkan, jumlah penambahan pasien COVID-19 masih dalam jumlah yang tinggi, di atas 4.000 kasus baru dalam sehari.

Baca Juga

Penderita COVID-19 di Indonesia Melonjak 3.269 Pasien

Berdasarkan data yang masuk pada Selasa (22/9) pukul 12.00 WIB, terdapat 4.071 kasus baru dalam 24 terakhir. Penambahan itu menyebabkan total kasus COVID-19 di Indonesia kini mencapai 252.923 orang.

Total pasien yang dinyatakan telah sembuh dan tidak lagi terinfeksi virus corona mencapai 184.298 orang. Sementara angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia mencapai 9.837 orang. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH