Temukan Black Box CVR JT 610, Serda Satria Bakal Diberi Penghargaan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP. Foto: Dok Pushidrosal

MerahPutih.com - Panglima Koarmada I (Pangkoarmada) Laksamana Muda TNI Yudo Margono akan memberikan penghargaan kepada Serda Satria Margono yang berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Lion Air PK-LQP di Tanjung Karawang, Jawa Barat, pagi tadi.

"Reward pasti ada, nanti kita akan laporkan kepada komando atas. Karena militer sehingga harus kita laporkan ke komando atas," kata Yudo di KRI Spica, Senin (14/1).

Dalam kesempatan itu, Yudo meralat keterangan yang menyebutkan bahwa petugas menemukan CVR 8 meter di bawah permukaan lumpur bawah laut.

Serda Satria Margono yang berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Lion Air JT 610 di Tanjung Karawang, Jawa Barat. Foto: Ist

"Kedalaman (laut) 30 dan ternyata ada koreksi yang awalnya (CVR) 8 meter di bawah lumpur ternyata hanya 20 cm dari lumpur," tuturnya.

Penemuan CVR tersebut tidak lepas dari tim penyelam gabungan dari Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair) I dan Komando Pasukan Katak (Kopaska), dengan KRI Spica-934 dan KNKT.

"Alhamdulillah tadi pagi barangnya sudah ketemu dan kita akan ke sana mengambil barang itu," jelasnya.

CVR tersebut dibawa menggunakan KRI Todak-631 menuju JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Asp)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH