Temui Warga Papua, Mahfud MD Janji Maksimalkan Pembangunan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 30 November 2019
Temui Warga Papua, Mahfud MD Janji Maksimalkan Pembangunan
Menkopolhukam Mahfud MD bertemu dengan tokoh-tokoh Papua. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com – Menkopolhukam Mahfud MD hari ini berkunjung ke tanah Papua. Dalam kunjungan kerjanya, Mahfud bertemu dan berdialog dengan tokoh masyarakat serta tokoh adat Papua di Jayapura. Dialog diikuti sekitar 80 tokoh dari seluruh kabupaten dan kota serta seluruh wilayah adat Papua.

Puluhan tokoh masyarakat dan adat Papua menyambut baik upaya Menko Mahfud MD membuka dialog dengan masyarakat Papua.

Baca Juga:

Arkeolog Papua Ungkap Temuan Baru Situs Korbiena

Mahfud MD mengungkapkan, pemerintah sangat terbuka terhadap upaya dialog untuk menyerap aspirasi masyarakat Papua.

“Saya datang untuk berdialog dengan para tokoh untuk mendengarkan apa usulnya, apa masukannya. Agar hari esok kita semua lebih baik dan lebih leluasa dalam bekerja. Mari kita menatap ke depan untuk maju bersama, dengan cita-cita dan tujuan yang sama,” ujar Mahfud MD, Sabtu (30/11).

Menkopolhukam Mahfud MD hari ini berkunjung ke tanah Papua.
Menkopolhukam Mahfud MD saat berkunjung ke tanah Papua. (Foto: MP/Kanugrahan)

Dalam dialog tersebut, hadir pula wakil menteri PUPR yang asal Papua John Wempi, serta Wakil Gubernur Papua dan Wakil Wali Kota Jayapura.

Mahfud MD menyakinkan, sejak awal, pemerintah selalu ingin memajukan Papua sama dengan daerah lain. Dia pun mengakui, memang terjadi persoalan pembangunan karena keterbatasan infrastruktur.

Namun, Mahfud menegaskan, pemerintah Indonesia selalu memberikan perhatian khusus kepada Papua, agar ketertinggalan di bidang infrastruktur, pendidikan, dan lain-lain dapat segera diatasi.

“Percayalah, pemerintah memajukan Papua agar bisa sama dengan daerah-daerah lain yang lebih dulu maju. Misalnya dengan Undang-undang Otonomi Khusus yang tidak dimiliki oleh daerah lain,” ungkap Mahfud.

Baca Juga:

Polisi Beberkan Situasi Terkini Papua Jelang HUT OPM 1 Desember

Beberapa masukan dari para tokoh antara lain agar warga dan pengusaha Papua dilibatkan dalam pembangunan infrastruktur. Juga soal catatan tentang Otonomi Khusus (Otsus) yang dinilai tidak konsisten dan kerap tidak diterapkan di lapangan.

Pembangunan satu ruas jalan di Papua. (ANTARA News Papua/Marius F Yewun)
Pembangunan satu ruas jalan di Papua. (ANTARA News Papua/Marius F Yewun)

Mahfud berterima kasih atas berbagai masukan dari para tokoh dan masyarakat adat. Pemerintah berjanji akan mengkaji dan mencari jalan keluarnya atas seluruh catatan tersebut.

Sebaliknya, para tokoh dan pemerintah provinsi berharap dialog yang dibangun Menkopolhukam seperti ini dapat membawa perubahan yang baik bagi pemerintah, khususnya dalam periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo. (Knu)

Baca Juga:

Lukas Enembe Beri Lampu Hijau Mahasiswa Papua Kembali ke Kota Studinya

#Papua #Mahfud MD
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan