Temui Pedagang di Glodok, Cak Imin Puji Anies dan Tepis Isu Intoleransi

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 30 November 2023
Temui Pedagang di Glodok, Cak Imin Puji Anies dan Tepis Isu Intoleransi
Muhaimin Iskandar berikan keterangan kepada wartawan usai diperiksa penyidik KPK sebagai saksi kasus dugaan korupsi, Kamis (7/9/2023). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

MerahPutih.com - Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendatangi kawasan Glodok, Jakarta Barat, Kamis (31/11).

Cak Imin datang menggunakan pakaian kemeja hijau dengan celana panjang hitam didampingi sejumlah elite PKB. Kedatangannya juga disambut oleh masyarakat sekitar yang berteriak dan berebut mengajak foto dan salaman.

Baca Juga:

Cak Imin Sebut Indonesia Bahaya jika Tidak Pilih AMIN, TKN: Jangan Sombong

Cak Imin juga terlihat menghampiri beberapa pedagang di kawasan Chinatown. Mulai dari pedagang buah, makanan dan juga pakaian hingga pernak pernik.

Ketua Umum PKB itu tampak berbincang dengan beberapa pedagang. Kedatangan wakil Anies Baswedan ini untuk menemui warga dan menangkap sejumlah keluhannya.

Menurut Cak Imin, keluhan pedagang itu adalah daya beli masyarakat yang menurun.

"Kemudian diharapkan pemerintah supaya mendongkrak daya beli masyarakat agar mereka merasakan betul kalau daya beli turun, orang yang belanja jadi sedikit," ujar Cak Imin usai berkeliling kawasan Glodok, Jakarta Barat, Kamis (30/11).

Selain itu, Cak Imin mengaku ada permintaan yang disampaikan dari pedagang kepadanya. Para pedagang meminta agar Cak Imin mempertahankan keberadaan pasar tradisional.

"Sehingga mereka tetap merasa aman tidak ada gangguan," ungkap Cak Imin.

Ia lantas memuji hasil kerja capres Anies Baswedan selama memimpin Jakarta lima tahun memimpin Jakarta.

Cak Imin menjelaskan banyak mendapat pengakuan dari lintas agama yang berada di kawasan Glodok soal toleransi yang dibangun capres Anies Baswedan saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Cak Imin menyebut banyak tempat ibadah yang dibuat Anies.

Dia bersyukur bertemu teman-teman komunitas Tionghoa yang memberi testimoni bahwa Anies sebagai gubernur telah membuktikan bahwa dia bersikap adil.

"Dan bahkan mengembangkan apa yang menjadi harapan masyarakat," papar Cak Imin.

Baca Juga:

Anies dan Cak Imin Berbagi Wilayah Kampanye

Cak Imin mencontohkan bentuk toleransi yang diwujudkan Anies semasa menjabat sebagai gubernur salah satunya mengeluarkan surat izin Vihara Dharmabakti di Glodok. Dia pun menepis kabar yang menyebut Anies memanfaatkan politik identitas maupun intoleran.

"Di sini orang-orangnya ada semua yang jadi saksi dan menjadi bukti bahwa Mas Anies justru mengembangkan toleransi selama jadi gubernur," ujar Cak Imin.

Cak Imin juga mengaku telah melepas sebanyak 99 burung pipit di kawasan Glodok dan berencana melepas kura-kura ke laut sebagai tradisi kepercayaan orang Tionghoa yakni Fang Sheng atau 'buang sial'.

Dia menjelaskan hal ini sekaligus menjaga tradisi etnis Tionghoa.

"Saya juga titip ke Daniel (Wasekjend DPP PKB) untuk beli kura-kura nanti ditulisi nama saya dilepas di laut, ini tradisi-tradisi Tionghoa yang akan kita jaga" pungkasnya.

Sebagai informasi, Kamis (31/11) ini merupakan hari ketiga kampanye Cak Imin sebagai cawapres dalam Pemilu 2024.

Usai dari Chinatown Glodok, Wakil Ketua DPR ini rencananya akan menonton pertandingan voli di area kampung Bintaro, Jakarta Selatan. (*)

Baca Juga:

Cak Imin Cuti dari DPR, Awali Kampanye di Wilayah Jawa Timur

#DPR RI #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan