Seni
Temu Seni Tari Gelar Napak Tilas dan Sarasehan Situs Cagar Budaya Temu Seni Tari menggelar Napak Tilas dan Sarasehan tentang situs cagar budaya Gunung Kawi (Foto: Dok. Kemendikbudristek RI)

RANGKAIAN awal program Temu Seni Tari di Bali, menggelar Napak Tilas dan Sarasehan tentang situs cagar budaya Gunung Kawi. Acara tersebut diikuti oleh 18 Koreografer peserta Temu Seni Tari di Bali untuk menyaksikan, mengenal, serta memahami tentang sejarah, seni, dan budaya Gunung Kawi.

Para peserta Temu Seni memulai sesi laboratorium Seni, yang dipraktikkan secara organik dan terbuka, serta mengangkat tema sesuai pilihan, berdasarkan kesepakatan bersama lewat diskusi-diskusi terfokus.

Baca Juga:

Ubud Folkfest Siap Bergulir, Tampilkan Pertunjukan Musik hingga Budaya

Acara temu seni berlangsung selama satu minggu (Foto: Dok. Kemendikbudristek RI)

Acara Temu Seni digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, serta Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Lokasi Temu Seni berlangsung di kota Ubud, Gianyar Bali, pada tanggal 18-24 Juli 2022. 18 koreografer muda yang memiliki beragam latar genre dan berasal dari berbagai tempat di Indonesia hadir di Ubud, untuk ikut serta dalam Temu Seni.

Temu Seni merupakan salah satu rangkaian dari festival Mega Event Indonesia Bertutur 2022, yang dihelat menjadi bagian dari gelaran akbar Pertemuan Menteri-Menteri Kebudayaan G20 (G20 Ministerial Meeting on Culture), yang akan digelar di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada September 2022.

"Napak Tilas Gunung Kawi dirancang untuk mengajak koreografer muda mengenal bentuk, nama dan fungsi candi-candi yang ada di situs ini, sehingga mereka bisa meyerap vibrasi dan rasa dari masa lampau yang bisa menjadi sumber kekaryaan mereka," tutur Kurator seni rupa dan narasumber Temu Seni I Made Susanta Dwitanaya pada keterangan resminya.

Ade menjelaskan, setelah napak tilas, dia melihat beberapa peserta sudah mulai bisa menari dan mengolah tubuh mereka di Candi Lima, hal itu seakan menandai bahwa vibrasi dan suasana hening di Gunung Kawi benar-benar menginspirasi mereka.

Sastrawan dan narasumber Temu Seni Ketut Eriadi Ariana dalam sesi Sarasehan memaparkan bahwa sebagai sebuah cagar budaya, Gunung Kawi memiliki derajat yang tinggi. Hal itu lantaran sudah ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientif and Cultural Organization (UNESCO) sebagai World Heritage.

Terletak di Daerah Aliran Sungai (DAS) Pakerisan, Gianyar, Bali, Gunung Kawi adalah situs suci yang sangat penting bagi peradaban dan budaya Bali, serta menjadi inspirasi lahirnya karya sastra di Bali.

Kompleks candi tersebut gambaran refleksi filosofi bahwa air memiliki keselarasan dalam konteks rohani dan keilmuan, mengalir dari zaman ke zaman, dari generasi ke generasi, menjadi tumpuan dalam membangun gagasan kreatif.

Sementara itu, Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2022 Melati Suryodarmo menjelaskan bahwa ajang Temu Seni menuju festival mega event Indonesia Bertutur 2022 Temu Seni Tari diadakan dengan mengacu pada kerangka besar Indonesia Bertutur, yakni mengalami masa lampau, menumbuhkan masa depan.

Baca juga:

Collabonation Tour akan Sapa 50 Kota

Acara Temu Seni Tari diikuti oleh 18 Koreografer (Foto: dok. Kemendikbudristek RI)

Acara yang digelar selama seminggu tersebut, berkerangka laboratorium. Artinya sejumlah gagasan, praktik tari dan koreografi akan dipertemukan, diuji dan dipresentasikan.

Pada kerangka itu, pengalaman akan masa lampau tidak hanya ditengok ulang lewat situs cagar budaya, tapi juga dipertemukan dengan persepektif dan tubuh kekinian.

Laboratorium tersebut diharapkan dapat mengenali kaitan dan keberlanjutan yang lampau serta yang akan datang, melalui praktik-praktik ketubuhan dalam tari serta koreografi.

Temu Seni dengan tema Tari yang dilaksanakan di Bali melibatkan 18 peserta dari berbagai provinsi. Ajang Temu Seni Tari di Bali ini terwujud berkat kerja sama dengan komunitas Teater Kalangan yang berperan penting untuk merancang program dan pelaksanaan acara. Teater Kalangan merupakan kolektif lintas disiplin pertunjukan yang berbasis di Denpasar, Bali, beranggotakan insan dari berbagai lintas disiplin ilmu. (ryn)

Baca Juga:

Daftar Hajatan Budaya Pulau Dewata Incaran Para Pelancong

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pulau Komodo dan Padar, Dari Pasir Merah ke Wisata Mewah
Travel
Pulau Komodo dan Padar, Dari Pasir Merah ke Wisata Mewah

Kesohoran dua pulau tersebut tak lepas dari komodo.

Ogoh-Ogoh Mulai Diarak Sejak Nyepi Jadi Hari Libur Nasional 39 Tahun Lalu
Tradisi
Ogoh-Ogoh Mulai Diarak Sejak Nyepi Jadi Hari Libur Nasional 39 Tahun Lalu

Keppres Penetapan Nyepi sebagai hari libur nasional bersama dengan Hari Raya Waisak.

Soto Selain Nikmat Menyegarkan Juga Menyehatkan
Kuliner
Soto Selain Nikmat Menyegarkan Juga Menyehatkan

Soto memang bukan kuliner biasa

Bang Pi`ie Kecil-Kecil Buaya Pasar Senen
Indonesiaku
Bang Pi`ie Kecil-Kecil Buaya Pasar Senen

Pi`ie berhasil membunuh Muhayar. Alih kekuasaan pun terjadi.

Pandemi dan Legalitas Masyarakat Adat
Tradisi
Pandemi dan Legalitas Masyarakat Adat

Orang Rimba turut merasakan pahitnya pandemi COVID-19.

Unjuk Gigi Pasar-Pasar Hewan Ternak Terbesar di Indonesia
Travel
Unjuk Gigi Pasar-Pasar Hewan Ternak Terbesar di Indonesia

Pasar-pasar hewan ternak di Indonesia. Salah satunya terbesar di dunia

Syarat untuk Makan di Lounge in the Sky Jakarta
Kuliner
Syarat untuk Makan di Lounge in the Sky Jakarta

Lounge in the Sky Jakarta berada di Mangkuluhur City, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Sebelum Nonton MotoGP, Kunjungi Destinasi Wisata di Seputaran Mandalika
Travel
Sebelum Nonton MotoGP, Kunjungi Destinasi Wisata di Seputaran Mandalika

Mandalika memiliki destinasi wisata yang penuh pesona.

Arsip Notaris Ungkap Kehidupan Orang Biasa di Batavia
Tradisi
Arsip Notaris Ungkap Kehidupan Orang Biasa di Batavia

Profesi ini sudah lama ada di dunia dan meninggalkan catatan penting tentang kehidupan manusia pada masa lampau.

Tetap Makan Sehat Walaupun Sedang Travelling
Travel
Tetap Makan Sehat Walaupun Sedang Travelling

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap makan-makanan sehat saat sedang bepergian atau liburan.