Tempat Wisata yang Terinspirasi dari Nama Presiden, Salah Satunya Habibie Tugu Soekarno di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. (Foto: instagram/ tugusoekarno)

BEBERAPA objek wisata di Indonesia maupun di luar negeri menggunakan nama yang unik. Salah satunya dengan menggunakan nama dari presiden. Ada banyak alasan, seperti sebagai bentuk penghormatan, mengenang jasa-jasa, agar mudah diingat, dan hubungan historis dengan tempat terkait.

Penasaran dengan nama-nama wisata di Indonesia dan luar negeri yang menggunakan nama Presiden RI? Simak daftar berikut.

Baca Juga:

Desa Bantaragung, Majalengka Punya 8 Obyek Wisata


1. Tugu Soekarno

(Foto 1) Tugu Soekarno yang terletak di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Foto by instagram tugusoekarno
Tugu Soekarno yang terletak di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. (Foto: instagram/tugusoekarno)

Tempat wisata Tugu Soekarno ini berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, tepatnya di Jalan S Parman yang berada di tepi Sungai Kahayan. Tugu ini tidak jauh dari bundaran besar yang menjadi pusat Kota Palangkaraya dan diselimuti pepohonan yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Kamu bisa menyaksikkan matahari terbenam pada siang hari dan lampu warna-warni yang membuat fotomu semakin bagus di malam hari. Alasan memakai nama "Soekarno" adalah karena Presiden pertama Indonesia itu yang meletakkan tiang pancang dan menyatakan Palangkaraya sebagai calon ibu kota negara.


2. Bukit Soeharto

Bukit Soeharto. (Foto: instagram.com/noval_firmnsyah)
Bukit Soeharto. (Foto: instagram.com/noval_firmnsyah)

Bukit yang memiliki nama lengkap Taman Hutan Raja Bukit Soeharto ini terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Objek wisata ini memiliki luas lebih dari 61 ribu hektare. Tak hanya sekedar berkunjung, wisatawan juga akan memperoleh edukasi di tempat ini.

Bukit Soeharto merupakan pusat Reintroduksi dan Rehabilitasi Orangutan Wanariset Samboja dan Hutan Pendidikan Universitas Mulawarman. Diberi nama "Soeharto" dengan alasan karena Presiden kedua Indonesia itu pernah melakukan perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda melalui bukit tersebut.

Baca Juga:

Destinasi Bali Baru, Nyesal Kalau Enggak Datang!


3. Puncak Habibie

(Foto 3) Puncak Habibie terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Foto by instagram fauzierahmat26
Pemandangan dari Puncak Habibie, di Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: instagram.com/fauzierahmat26)

Puncak Habibie berada di Jalan Cisolok, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Awalnya, nama dari tempat wisata ini adalah Bukit Kembang. Dinamakan Puncak Habibie karena ia menjadikan puncak tersebut sebagai tempat pendirian radar udara ketika menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi.


4. Kebun Raya Megawati

(Foto 4) Megawati meresmikan Kebun Raya Megawati di Korea Selatan. Foto by KBRI Seoul
Megawati meresmikan Kebun Raya Megawati di Korea Selatan. (Foto: KBRI Seoul)

Berbeda dengan tempat wisata lainnya, Kebun Raya Megawati terletak di Seogwipo, Pulau Jeju, Korea Selatan. Tempat ini diresmikan sejak Mei 2017 lalu. Dengan luas 100.000 meter persegi, kebun raya ini dikelilingi hutan yang cukup lebat. Penamaan tersebut sebagai bentuk persahabatan Megawati dengan Kim Sung Soo, Presiden Hotel The We yang sama-sama punya hobi tanaman.

5. Kampoeng Jokowi

(Foto 5) Kampoeng Jokowi yang terletak di Garut, Jawa Barat. Foto by instagram jajang daryana
Kampoeng Jokowi yang terletak di Garut, Jawa Barat. (Foto: instagram.com/jajang daryana)

Kampoeng Jokowi berada di Garut, Jawa Barat tepatnya berada di kaki Gunung Cikuray, kawasan Perkebunan Teh Nusantara VIII Dayeuhmanggung, Kecamatan Cilawu. Awalnya, kampung ini bernama Kampung Cipinang kemudian diubah menjadi Kampoeng Jokowi karena masyarakat sekitar sangat mengidolakan sosok Jokowi. (And)

Baca Juga:
11 Desa Wisata di Indonesia Tujuan Plesir Asyik, Nomor 2 Unik

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH