Tempat Wisata yang Cocok untuk Dikunjungi Saat Bulan Puasa Masjid Agung Solo termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia (Foto: MP/Win)

BAGI pelancong Muslim menjalani hobi pelesiran saat bulan Ramadan adalah yang yang cukup sulit. Pasalnya, selama satu bulan penuh kamu harus menahan lapar, haus dan hawa nafsu. Tentunya hal itu membuat tubuh menjadi lemas.

Namun, bukan berarti bulan puasa menghambat aktivitas kamu untuk melakukan traveling. Ada banyak kok tempat-tempat yang sangat pas dikunjungi ketika bulan puasa. Penasaran apa saja itu?

1. Pantai

Pantai Koka di Kota Maumere, Propinsi Nusa Tenggara Timur (Foto: Instagram @marianatandjung)
Pantai Koka di Kota Maumere, Propinsi Nusa Tenggara Timur (Foto: Instagram @marianatandjung)

Salah satu tempat yang paling cocok untuk dikunjungi saat bulan puasa adalah pantai. Kamu bisa bermain air atau sekadar berfoto di sekitarnya.

Alangkah lebih baik lagi jika kamu datang ketika menjelang sore. Selain bisa melihat keindahan pantai kamu bisa menunggu waktu berbuka puasa di sana.

2. Waterpark

Waterpark (Instagram/florianbmg)
Waterpark (Instagram @florianbmg)

Bermain air mungkin menjadi salah satu pilihan bersama keluarga ketika bulan puasa. Cuaca yang panas dan menyengat sangat mendukung untuk datang ke tempat-tempat waterpark.

Kamu bisa datang ke waterpark terdekat di kota kamu. Meski demikian, disarankan untuk datang di sore hari. Karena kenyataannya bermain air sangat menguras tenaga. Jika datang di sore hari kamu juga bisa sambil menunggu waktu berbuka.

3. Taman Bermain atau Taman Kota

Taman Kota 2 BSD (Foto: MerahPutih/Rizky Fayon Fitrianto)
Taman Kota 2 BSD (Foto: MerahPutih/Rizky Fayon Fitrianto)

Di setiap kota di Indonesia terutama kota besar pasti punya taman kota atau taman bermain. Nah, saat bulan puasa tempat yang satu ini bisa menjadi referensi untuk dikunjungi.

Karena di taman kota atau taman bermain suasananya cukup sejuk dengan banyak pepohonan. Kamu bisa berswafoto di spot-spot menarik. Ketika sore hari kamu bisa jalan-jalan menunggu azan Magrib.

4. Pegunungan

Puncak Habibie atau Bukit Habibie, Jalan Cisolok-Bayah, Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Twitter@yanishy)
Puncak Habibie atau Bukit Habibie, Jalan Cisolok-Bayah, Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Twitter@yanishy)

Pegunungan menjadi salah satu pilihan pas untuk traveling di waktu puasa. Cuaca yang dingin tentunya membuat kamu lebih kuat dibandingkan saat di kota yang penuh polusi dan cuaca panas.

Kamu bisa mengunjungi danau atau tempat-tempat indah lainnya di daerah pegunungan. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti swafoto atau hanya sekadar mengagumi keindahan alam.

5. Wisata yang Buka Malam

Wisata Malam Taman Safari Indonesia (Foto TSI)
Wisata Malam Taman Safari Indonesia (Foto TSI)

Tempat wisata ini sangat cocok saat bulan puasa. Kamu bisa beristirahat atau melakukan kegiatan agama seperti solat adau membaca ayat suci Al-Quran di waktu siang hingga berbuka. Malamnya kamu bisa jalan-jalan.

Di kota-kota besar banyak wisata yang buka ketika malam. Dengan traveling saat malam kamu tak perlu khawatir batal puasanya karena kamu tak perlu menahan lapar atau haus.

6. Museum

Museum Tekstil juga memberikan pelatihan membatik. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)
Museum Tekstil juga memberikan pelatihan membatik. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Museum bisa menjadi pilihan pas untuk dikunjungi saat bulan puasa. Karena biasanya museum berada di dalam ruangan yang ber-AC. Sehingga kamu tak perlu panas-panasan.

Selain itu ketika datang ke museum kamu bisa mendapatkan pengetahuan yang mungkin tak bisa didapatkan di destinasi wisata lainnya.

Sahabat Merah Putih, itulah enam tempat wisata yang cocok kamu kunjungi saat bulan puasa. Kalau kamu lebih suka datang ke mana? (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH