Tempat Wisata Terbaik di Malang Saat Liburan Tiba Omah Kayu, tempat wisata Malang. (ig: thisisinstagram)

PENGINNYA sih pergi jalan-jalan ke tempat wisata Malang saat liburan, tapi bingung mau pilih yang mana. Soalnya, obyek wisata di sana cukup banyak dan lengkap. Apakah Anda juga punya memikirkan hal yang sama?

Kota Malang bisa dikatakan selalu berbenah, terutama untuk memajukan kotanya. Contoh yang terlihat adalah di bidang pariwisata. Munculnya berbagai jenis obyek wisata yang ditunjang dengan kemudahan akses sampai akomodasi adalah bukti nyata dari konsentrasi memajukan kawasan.

Obyek wisata yang terkenal di Malang salah satunya adalah wahana bermain WBL. Ini menjadi tempat untuk menghabiskan waktu liburan menarik bersama sahabat. Selain itu, masih banyak lagi tempat menarik yang terdapat di Malang. Di antaranya adalah sebagai berikut ini!

Omah Kayu

Omah Kayu
Omah Kayu, tempat wisata Malang. (ig: thisisinstagram)

Omah kayu merupakan sebuah tempat penginapan. Bangunannya dibuat dari kayu-kayu alami. Beberapa bangunan dibuat di atas pohon, menghadap pemandangan alam yang cukup menyegarkan mata.

Pemandangannya berupa areal persawahan yang bisa dilihat dari ketinggian. Menginap di tempat ini bisa memberikan sensasi berbeda. Apalagi jika di malam hari, ataupun di pagi hari sangat terbangun dari tidur.

Baca juga: Indonesia Terbaik di Pameran Wisata Bahari Terbesar Malaysia

Suasananya lebih asri, ditemani dengan semilir angin yang begitu menyegarkan. Pantas saja jika kawasan ini dianggap sebagai tempat asik untuk memadu kasih dengan pasangan halal (bulan madu). Lokasi omah kayu ini berada di kota batu Malang, Jawa Timur. Anda yang ingin merasakan sensasi menginap di rumah atas pohon perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp.250.000 – Rp.300.000. Tetapi jika Anda hanya ingin berkunjung (bersantai) tanpa menginap, cukup keluarkan biaya masuk sekitar Rp.5000 saja. Anda sudah bisa narsis, mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan. Bisa juga diunggah di medsos seperti kebanyakan anak muda saat ini.

Mata Air Sumber Sirah

Mata air sumber sirah
Mata Air Sumber Sirah. Foto: liburmulu.com

Tawaran tak biasa diberikan pada wisatawan ketika datang di kawasan wisata Malang ini. Namanya adalah tempat wisata mata air sumber sirah. Apa sih tawaran yang diberikannya?

Obyek wisata ini merupakan wisata sumber air yang memiliki air sangat jernih. Di dalamnya terdapat ganggang-ganggang hijau. Para wisatawan bisa bersnorkeling di tempat ini. Pastinya, tawaran ganggang hijau di dasar sumber air tawar ini bisa memberikan sensasi berbeda. (Baca juga: Tempat Wisata yang Cocok untuk Dikunjungi Saat Bulan Puasa)

Di sini, Anda juga bisa berenang sesuka hati. Anda juga bisa menyewa ban jika belum mahir berenang. Biayanya cukup murah, yakni sekitar Rp.2000- Rp.3000 saja. Menariknya, kawasan ini masih belum memberlakukan tiket masuk, alias masih gratis. Lokasinya berada di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Nah, jika Anda ingin datang di kawasan ini, siapkan pakaian renang dan peralatan snorkeling.

Coban Mbok Karimah

Coban
Caption

Coban Mbok Karimah merupakan obyek wisata air terjun. Airnya masih sangat jernih. Airnya terjun dari tebing batu yang cukup tinggi. Dan ada dua undakan dimana undakan teratas jaraknya pendek, sementara undakan kedua yang sampai ke dasar cukup tinggi. Di bagian bawah air terjun terdapat lempengan batu yang bisa didatangi untuk melihat air terjun dari dekat. Tentunya bila Anda ingin menikmati segarnya air terjun.

Tempat wisata Malang yang satu ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Ini seakan menunjukkan jika keasriannya masih sangat terjaga. Jadi, pengunjung akan mendapatkan ketentraman yang tak terkira bila menyempatkan datang di kawasan tersebut.

Perlu diketahui jika obyek wisata ini belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tetapi, akses menuju kawasan ini terbilang cukup mudah. Pengunjung bisa datang dari kawasan Gedang ataupun Sumber Manjing Wetan, Malang. Nah, lokasinya sendiri berada di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sejauh ini, Anda masih bisa berhemat lantaran belum ada pungutan untuk masuk ke lokasi wisata.

Teluk Bidadari

Teluk bidadari
Teluk Bidadari Malang. Foto: mbolangeveryday

Teluk Bidadari juga termasuk obyek wisata alam yang punya keistimewaan sendiri. Terutama keasrian dan pemandangan alamnya yang tak biasa. Tentunya, suasananya bisa menenangkan batin Anda yang lagi gundah gulana.

Gambaran dari teluk ini adalah genangan berbentuk lingkaran. Genangan ini memiliki warna air yang hijau kebiru-biruan. Warna yang cocok untuk memberikan kesan segar saat dipandang. Lokasinya berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur Malang. Berada di sekitar kawasan Pantai Mbehi.

Saat Anda ingin sampai di teluk ini, Anda perlu mempersiapkan fisik yang prima. Pasalnya, setiap pengunjung diharuskan untuk trekking yang memakan waktu. Meskipun begitu, kelelahan saat trekking akan terbayar dengan tawaran panorama alam yang indah. Untuk mencapainya, calon pengunjung butuh waktu sekitar 40 menitan untuk trekking dari Pantai Mbehi. Jangan lupa juga untuk menggunakan jasa guide ke kawasan tersebut. Biayanya sekitar 10 ribu rupiah perorang.

Eco Green Park

Eco Green

Eco Green Park. Foto:KabarDunia.com

Tempat wisata malang terbaru yang bagus untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Eco Green Park. Tempat wisata ini mengajarkan Anda tentang caranya menjaga keseimbangan lingkungan. Artinya, konsep yang dibuat adalah untuk menjadi pembelajaran bagi setiap pengunjung.

Obyek wisata ini berisikan tentang kebun binatang mini, diisi dengan papan informasi tentang cara pemeliharaannya. Jadi, setiap pengunjung secara tidak langsung bisa belajar banyak dari sini. Ketika Anda sampai di kawasan ini, Anda akan menjumpai patung gajah untuk pertama kalinya. Patung gajah ini dibuat dari susunan televisi bekas. Tentunya, ini langkah awal sebelum pengunjung mengeksplor jauh ke dalam.

Mengenai aktifitas yang bisa dilakukan adalah belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan. Para pengunjung juga bisa mengeksplornya dengan berkeliling menggunakan kereta buatan ataupun E-Bike. Jika Anda ingin mencoba menaiki E-Bike, biaya sewa 3 jam sekitar 100 ribu rupiah. Di sini, pengunjung bisa menggunakannya sepuas hati untuk menjelajah lokasi wisata tersebut.

Tetapi jika ingin mencari sensasi lain, silahkan menaiki kereta terbuka. Kereta ini ada di wahana Jungle Adventure. Pengunjung diajak berkeliling hutan menggunakan kereta terbuka. Menariknya, pengunjung akan diberikan senapan buatan (mainan). Senapan ini digunakan untuk menembak pemburu binatang liar di hutan. Jika Anda melihat pemburu dari kereta, Anda bisa menembakkannya.

Puas dengan sensasi berburu pemburu binatang liar, Anda juga bisa mengunjungi tempat yang cukup unik. Yaitu berkunjung di wahana rumah terbalik. Bangunan rumah ini dibuat terbalik. Atapnya berada di bagian bawah, dan bagian dasar rumah berada di atasnya. Menariknya lagi, sejumlah perabotannya juga dibuat terbalik sehingga pengunjung seakan berdiri terbalik di dalam rumah.

Nah, masih banyak sekali wahana yang ditawarkan di obyek wisata ini. Anda bisa memeriksanya saat datang di tempat tersebut. Lokasinya berada di Jl. Oror-Oro Ombo no. 94 Batu Jawa Timur. Mengenai tiket masuk obyek wisata malang batu ini sekitar 40-60 ribu rupiah. Jam bukanya dimulai pukul 08.30 pagi, dan ditutup pukul 16.30 sore hari.

Malang
Kota Malang. Foto: Vebma.com

Itulah beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi selama berada di Malang. Sebelum memutuskan untuk datang, silahkan siapkan budgetnya. Baru kemudian siapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Intinya, rencanakan dengan matang tentang rencana perjalanan Anda. Dengan terencananya perjalanan wisata, Anda bisa berlibur dengan cara yang menyenangkan. Jadi, sudahkah Anda merencanakan ke tempat wisata Malang di atas? (*)

Artikel ini diolah MerahPutih.com dari berbagai sumber.


Tags Artikel Ini

Teguh Riyanto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH