Tempat Kerja Tidak Bebas Pelecehan, Kenali Bentuknya! Kenali jenis-jenis pelecehan yang dapat terjadi di tempat kerja. (Foto: Pixabay/pixel2013

PELECEHAN bukan masalah kecil, terutama di tempat kerja. Menurut laman komnasperempuan.go.id ada sekitar 64% perempuan mengalami pelecehan dalam hidup mereka. Pelecehan itu hadir dalam berbagai bentuk, seperti komentar cabul, hingga serangan seksual. Jika terus di biarkan maka angka pelecehan seksual khususnya perempuan akan semakin meningkat dan jatuhnya harkat dan martabat kaum perempuan.

Penting untuk kita memahami apa saja yang termasuk bentuk pelecehan seksual. Mungkin dari sebagaian kita pernah mengalami pelecehan dalam jenis apa pun? Tapi tidak tahu harus berbuat apa?

Baca Juga:

Bijaksana, Begini Cara Billie Eillish Hindari Pelecehan Seksual


Pelecehan rasial

kerja
Biasanya dialami oleh seseorang yang masuk dalam kelompok minoritas pada sebuah organisasi atau lembaga. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Jenis pelecehan ini biasanya terjadi dalam suatu organisasi ketika seseorang dianggap anggota minoritas dari populasi lokal. Seseorang mengalami pelecehan ras karena penampilan fisik mereka. Penting untuk mendefinisikan dengan jelas fokus tindakan atau pernyataan pelaku intimidasi. Beberapa titik fokus umum yang dianggap sebagai pelecehan ras, tetapi tidak terbatas pada yang berikut: warna rambut. warna kulit, negara asal, aksen, pakaian, dan keyakinan.

Pelecehan gender

kerja
Pelecehan yang muncul karena perbedaan dalam norma sosial. (Foto: metdaan)

Pelecehan ini banyak disorot oleh publik. Seseorang dapat mengalami pelecehan ini jika mereka memilih gaya hidup yang tidak sesuai dengan pandangan masyrakat pada umumnya. Yakni tentang bagaimana gender seharusnya berperan dalam norma-norma sosial. Sebagai contoh, perempuan yang berprofesi sebagai pekerja konstruksi, atau seorang pria yang bekerja di belakang meja kosmetik di department store.

Baca Juga:

Membuang Trauma Pelecehan dan Menjadi Normal

Pelecehan verbal

kerja
Pelecehan yang merendahkan orang lain melalui verbal. (Foto: ravishly)


Pelecehan ini salah satu yang paling umum terjadi. Boleh jadi biasanya berupa candaan , atau serangan yang dimaksudkan untuk membuat korban merasa kecil, atau lebih rendah dari orang-orang di sekitar mereka. Sebagai contoh pelecehan verbal, pernyataan yang memalukan bagi individu atau kelompok dibuat di ruang publik atau pribadi. Cercaan atau cemoohan dilakukan di depan rekan kerja atau pelanggan.


Pelecehan seksual quid pro quo

kerja
Meminta imbalan dengan kode-kode seksual. (Foto: Pixabay/rawpixel.com)

Jenis pelecehan yang paling umum di tempat kerja modern. Dimana atasan mengisyaratkan, atau terang-terangan menuntut bantuan seksual sebagai imbalan untuk kemajuan status dalam organisasi. (iel)


Baca Juga:

Komnas Perempuan Sebut Banyak Anggapan Salah soal Pelecehan Seksual



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH