Wisata Indonesia

Tempat Berburu Kerajinan Tangan di Yogyakarta

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 30 April 2021
Tempat Berburu Kerajinan Tangan di Yogyakarta
Cocok untuk pajangan di rumah. (Foto: Instagram/@gerabahjogja_)

KALAU ke Yogyakarta, belum afdal rasanya tanpa bawa pulang kerajinan tangan untuk koleksi atau pajangan di rumah. Kota penuh kenangan ini juga memiliki banyak objek wisata alam yang cantik, destinasi buatan yang menarik, dan masyarakat sekitar yang penuh sopan santun.

Mengutip laman Arah Destinasi, pusat kerajinan di Yogyakarta tersebar di beberapa daerah, antara lain kerajinan keramik di Kasongan, kerajinan perak di Kotagede, kerajinan batik di Ngasem, hingga kerajinan kulit di Manding.

Terkait hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menekankan pentingnya pengembangan kreativitas dari para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam mengembangkan dan memajukan kedua sektor ini di Indonesia.

Baca juga:

Belajar Tenun dan Menikmati Eksotisme Lepo Lorun, NTT

Tempat Berburu Kerajinan Tangan di Yogyakarta
Kerajinan perak khas Kotagede. (Foto: Instagram/@iggoy)

Kreativitas menurut Sandiaga perlu dikembangkan dengan mengedepankan akar tradisi dari budaya Indonesia. Tentunya hal ini selaras dengan kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang bertujuan membantu perekonomian rakyat.

“Hal yang baik tentang proses kreatif adalah bahwa ide-ide kreatif selalu merupakan proses yang berkelanjutan, dengan ribuan, atau bahkan jutaan penyesuaian hingga mencapai kesempurnaan, sehingga mewakili akar budaya kita secara keseluruhan,” kata Sandiaga.

Berbicara soal kerajinan perak di Yogyakarta dan lebih luas lagi di Indonesia, tak lengkap tanpa menyebut kawasan Kotagede. Sejak 70-an, kerajinan perak Kotagede menjadi primadona wisatawan, entah itu mancanegara atau nusantara. Seni menempa, mengukir, dan membentuk perak sudah dikuasai masyarakat setempat secara turun-temurun.

Harga jual kerajinan perak ini bervariasi, tergantung besar kecil, penggunaan bahan baku, sampai kerumitan. Harganya dipatok mulai dari Rp10 ribuan sampai jutaan rupiah. Macam-macam produknya adalah cincin, giwang, dan miniatur.

Baca juga:

Wisata Alam Jadi Favorit Pelancong Liburan ke Yogyakarta

Tempat Berburu Kerajinan Tangan di Yogyakarta
Mampir ke Kasongan untuk membeli gerabah. (Foto: Instagram/gerabahjogja_)


Selain itu, jika Bandung punya Cibaduyut dan Sidoarjo punya Tanggulangin, maka Manding adalah pusat kerajinan kulit di Yogyakarta. Produk-produk kulit yang dihasilkan adalah jaket, sepatu, sandal, tas, ikat pinggang, dompet, dan aksesori lainnya.

Yang terakhir kamu bisa mampir ke Kasongan untuk membeli gerabah. Barang-barang kerajinan dari gerabah dikembangkan menjadi lebih variatif sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar.

Agar tetap aman saat mengunjungi dan membeli kerajinan tangan, jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan ya. (and)

Baca juga:

5 Desa Wisata Rekomendasi Sandiaga Uno, Bikin Nostalgia

#Wisata #Wisata Yogyakarta #Wisata Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan