Tembus New York Fashion Week, Bos First Travel Ini Seorang Desainer Kondang Anniesa Hasibuan saat menampilkan koleksinya di New York Fashion Week pada Februari 2017 lalu (Foto: YouTube)

KASUS penipuan umrah oleh perusahaan PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel) saat ini menjadi sorotan. Dua nama di antaranya, yakni Andika Surachman bersama istrinya, Anniesa Desvitasari Hasibuan sedang ramai dibicarakan. Tak hanya seputar kasus, tetapi juga latar belakang mengejutkan dari Anniesa Hasibuan.

Di balik bisnisnya yang bangkrut dan makan uang puluhan ribu calon jemaah umrah, Anniesa ternyata punya prestasi di dunia fesyen. Ia menjadi desainer hijab pertama asal Indonesia yang tampil di ajang bergengsi New York Fashion Week (NYFW). NYFW sendiri merupakan satu dari empat pekan mode terbesar dunia. Tiga lainnya yakni Paris Fashion Week, London Fashion Week, dan Milan Fashion Week.

Tentunya menjadi impian setiap desainer untuk dapat tampil di ajang tersebut, yakni sebagai tonggak pengakuan akan karier mereka di ranah fesyen. Dan Anniesa sudah membuktikannya. Kursus singkat lima harinya di London tahun 2015 lalu mengantarkan ia berkarier di kancah internasional.

Perempuan 31 tahun itu pernah memamerkan rancangannya di London Kaftan Festival, Istanbul Modest Fashion Week, Cannes Fashion, dan Global Short Film Awards Gala. Untuk NYFW sendiri, Anniesa tidak hanya sekali, tapi dua kali menampilkan koleksinya. Pada September 2016 ia mengusung tema "Pearl Asia", sementara Februari 2017 bertema "Drama".

Dengan label "Anniesa Hasibuan" dan logo "A", ia cukup berjaya, di mana media-media mode luar negeri turut memberitakannya. Ia bahkan menerima standing applause dari para peminat mode yang hadir di NYFW. Seperti diketahui, imigran, rasialisme, dan Islam masih menjadi isu yang panas di Amerika Serikat. Maka, kehadiran Anniesa dengan koleksi hijab modernnya di AS ini menjadi fenomenal dan disorot dunia.

"Perbedaan bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan—itu sesuatu yang harus Anda rangkul. Kami punya visi dan misi untuk membawa perdamaian, dan fesyen adalah salah satu cara yang bisa kami gunakan untuk menyebarluaskan nilai-nilai indah ini ke seluruh dunia," ujar Anniesa dalam wawancaranya dengan Elle.

Kini, kerajaan fesyen Anniesa telah runtuh begitu saja. Butiknya di Kemang pun telah ditutup dan disita pemerintah. Akankah nama Anniesa Hasibuan sebagai desainer hijab kondang dunia bisa bangkit kembali? Kita tunggu saja, tentunya setelah ia dan suaminya menyelesaikan PR mereka untuk kasus penipuan umrah. (*)

Baca juga artikel lainnya seputar First Travel di sini: Lagi Ramai, Ini Tiga Artis Yang Pernah Pakai Jasa First Travel



Asty TC

LAINNYA DARI MERAH PUTIH