Kesehatan

Tembakau Alternatif Disebut Bisa Bantu Kurangi Risiko Kerusakan Tubuh

Febrian AdiFebrian Adi - Sabtu, 18 Maret 2023
Tembakau Alternatif Disebut Bisa Bantu Kurangi Risiko Kerusakan Tubuh
Kurangi risiko bahaya rokok konvensional lewat rokok alternatif. (Foto: Unsplash/Alessandro)

BUKAN rahasia bila rokok konvensional memiliki risiko merusak kesehatan dan tubuh. Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut. Karena itulah beberapa perokok akhirnya beralih ke tembakau alternatif.

Dikutip dari Antara pada Selasa (14/3). Ketua Aliansi Vaper Indonesia (AVI) Johan Sumatri mengungkapkan, tembakau alternatif mampu membantu mengurangi risiko kesehatan bagi para perokok dewasa.

Baca juga:

Vape Miliki Profil Risiko Rendah Dibanding Rokok Konvensional

Produk tembakau alternatif memiliki risiko rendah dibanding rokok konvensional. (Foto: Unsplash/Mehdi)

“Banyak perokok dewasa yang beralih ke produk tembakau alternatif karena sudah paham kalau risikonya lebih rendah daripada rokok,” ucap Johan seperti dikutip oleh Antara.

Beberapa jenis produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik, produk tembakau yang dipanaskan, dan kantong nikotin dapat dijumpai di Indonesia.

Profil risiko yang lebih rendah daripada rokok membuat produk ini jadi pilihan alternatif bagi perokok dewasa yang sulit berhenti merokok, tapi ingin risiko yang lebih rendah.

Rendahnya profil risiko tersebut lantaran proses pengunaannya tidak dibakar seperti pada rokok.

Beberapa produk tembakau altenatif seperti produk tembakau yang dipanaskan hingga rokok elektrik menerapkan sistem pemanasan sehingga dapat mengurangi risiko hingga 90-95 persen lebih daripada rokok.

Hasil ini juga diperkuat oleh sejumlah kajian ilmiah yang dilakukan di dalam dan di luar negeri, termasuk kajian ilmiah Public Health England (atau saat ini berubah menjadi UK Health Security Agency), divisi dalam Depatemen Kesehatan dan Pelayanan Sosial di Inggris, pada 2018 bertajuk Evidence Review of E-Cigarettes and Heated Tobacco Products 2018.

Oleh karenanya, produk tembakau alternatif dapat dijadikan pilihan bagi perokok dewasa untuk beralih ke produk tembakau yang memiliki risiko lebih rendah.

“Kajian ilmiah produk tembakau alternatif penting untuk digalakkan agar masyarakat semakin mengetahui profil risiko dan manfaatnya. Hal ini akan sangat berguna, terutama bagi perokok dewasa yang memilih untuk terus menggunakan produk tembakau atau nikotin,” lanjut Johan.

Baca juga:

Lebih Bahaya Mana Vape atau Rokok Konvesional? Ini Kata Ahli

Tembakau alternatif jadi inovasi paling efektif bagi perokok yang sulit berhenti. (Foto: Unsplash/Uitbundig)

Sementara itu, Ketua Asosiasi Konsumen Vape Indonesia (Akvindo) Paido Siahaan juga menuturkan bahwa produk tembakau alternatif adalah produk hasil pengembangan inovasi dan teknologi yang paling efektif bagi perokok dewasa yang sulit berhenti dari kebiasaan merokok.

“Sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia bahwa batas usia perokok adalah 18 tahun ke atas. Hal ini artinya bahwa mereka yang berada di bawah usia tersebut, dilarang menggunakan produk tembakau. Serta produk ini juga tidak ditujukan bagi mereka yang belum pernah merokok, meski cukup umur untuk memakai produk ini,” ungkap Paido. (far)

Baca juga:

Vape atau Rokok, Mana yang Lebih Aman?

#Rokok Elektronik #Berhenti Merokok #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan